Finalis Puteri Indonesia 2024 Dapat Pengalaman Literasi dari BCA

BCA komitmen wujudkan kesejahteraan pekerja

Bandung, IDN Times - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen mendukung kesetaraan perempuan untuk berkontribusi aktif dalam berbagai aspek kehidupan. Hal itu dibuktikan dengan pemberian literasi perkembangan ekonomi dan perbankan kepada 42 finalis Puteri Indonesia 2024 ketika berkunjung ke Menara BCA, Jakarta pada Kamis (7/3/2024).

Pemberian literasi keuangan kepada para finalis Puteri Indonesia 2024 merupakan wujud nyata komitmen perseroan dalam meningkatkan inklusivitas dan mengoptimalisasi peran
perempuan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Kami bangga dapat kembali mendukung Yayasan Puteri Indonesia di tahun ini. Sebagai bagian dari perbankan nasional, kami menyadari peran penting perempuan dalam perekonomian Indonesia," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja dalam keterangan tertulisnya.

1. BCA komitmen dukung kesetaraan perempuan

Finalis Puteri Indonesia 2024 Dapat Pengalaman Literasi dari BCA(Dok/Istimewa)

Dia mengatakan, BCA siap mendukung kesetaraan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam memajukan budaya, pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

Untuk itu, dalam kesempatan ini 42 finalis hadir diberikan pengalaman dan informasi terkait perkembangan ekonomi dan perbankan nasional. Finalis Puteri Indonesia juga dapat melihat langsung langsung operasional perbankan di BCA, dari transaksi hingga pelayanan kepada para nasabah di kantor cabang.

"BCA juga turut mendukung lingkungan kerja yang inklusif dengan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap individu untuk berkembang dan memberikan kontribusi di perusahaan. Sepanjang 2023, persentase pekerja perempuan di BCA mencapai 60,8% dari total pekerja dan menduduki 61,1 persen dari total manajer di perusahaan," kata Jahja.

2. BCA salurkan bantuan bagi UMKM enterpreneur

Finalis Puteri Indonesia 2024 Dapat Pengalaman Literasi dari BCA(Dok/Istimewa)

Komitmen BCA terhadap pemberdayaan perempuan tidak berhenti di situ. Melalui peningkatan akses perempuan terhadap pembiayaan, pihaknya terus mendorong terciptanya keadilan dan kesetaraan dalam masyarakat.

Antara lain, pada tahun 2023, penyaluran UMKM entrepreneur perempuan mencapai Rp14,8 triliun. Angka itu meningkat 20,2% YoY dengan jumlah 44.465 debitur. Selain itu, BCA berkolaborasi dengan Perkumpulan Warna Alam Indonesia (Warlami) untuk kembali mendampingi 28 perempuan penenun di TTS yang berasal dari suku Swapraja Amanatun, Swapraja Amanuban, dan Swapraja Mollo.

"BCA juga melakukan penguatan kapasitas membatik kepada 15 pembatik perempuan di Desa Wisata Kampong Melayu BML, Kalimantan Barat," ucap Jahja.

3. BCA bakal perluas akses pelayanan keuangaan bagi masyarakat

Finalis Puteri Indonesia 2024 Dapat Pengalaman Literasi dari BCABCA Expoversary 2024 di Palembang hadirkan berbagai promo BCA Expoversary Palembang hadirkan berbagai promo menarik (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jahja melajutkan, pihaknya juga melalui BCA Syariah setiap tahun mengadakan program WEpreneur yang mendukung perempuan pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas usahanya. BCA meyakini bahwa dengan memberikan akses perempuan untuk berkarya, BCA dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia dari segi ekonomi, sosial, dan budaya.

"Ke depannya, kami akan terus memperluas akses terhadap layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk perempuan, masyarakat pedesaan, dan kelompok yang masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan perbankan," kata dia.

Pihaknya juga berharap berharap keterlibatan BCA dalam Puteri Indonesia pada tahun ini dapat menginspirasi para kontestan untuk menjadi suluh bagi kaum perempuan dalam meningkatkan edukasi dan literasi keuangan.

Baca Juga: Begini Strategi BCA Rangkul Lebih Banyak Gen Z Jadi Investor Muda

Baca Juga: Hati-Hati Penipuan Jadi Nasabah BCA Prioritas

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya