Farhan Gagal Lolos ke Senayan, NasDem: Masih Ada Kans

Suara M. Farhan kalah di Cimahi

Cimahi, IDN Times - Partai NasDem terancam gagal meloloskan calegnya menjadi anggota DPR RI dari Dapil I Jawa Barat (Kota Cimahi dan Kota Bandung). Hal itu terjadi karena perolehan suara caleg petahana Partai NasDem, M. Farhan kalah dari caleg partai lainnya.

Jatah kursi DPR RI dari Dapil I Jawa Barat hanya tujuh orang. Berdasarkan hasil pleno KPU Kota Cimahi dan Kota Bandung, nama M. Farhan tidak masuk tujuh besar karena kalah atas Atalia Praratya dari Partai Golkar, Ledia Hanifa dari PKS, Melly Goeslaw dari Partai Gerindra, Nurul Arifin dari Partai Golkar, Junico Siahaan dari PDIP, Habib Syarief Muhammad dari PKB, dan H. Fathi Partai Demokrat.

"Kalau untuk Farhan kami masih ada kendala dalam hasil, sementara ini memang masih kalah," kata Ketua DPD NasDem Kota Cimahi, Enang Sahri Lukmansyah saat dikonfirmasi, Selasa (12/3/2024).

1. Suara M. Farhan melenceng dari target

Farhan Gagal Lolos ke Senayan, NasDem: Masih Ada KansKetua DPD Partai NasDem Kota Cimahi, Enang Sahri Lukmansyah. (Istimewa)

Enang mengungkapkan, perolehan suara M. Farhan khusus di Kota Cimahi sendiri memang melenceng dari target. Semula, suara petahana yang dulunya artis itu bisa mencapai sekitar 25 ribu yang bisa mengantarkannya lolos ke Senayan mewakili Partai NasDem.

Namun ternyata hasil di lapangan berkata lain. Farhan hanya mendapatkan perolehan suara dari Kota Cimahi sekitar 21 ribu.

"Di Cimahi sendiri memang hanya dapat angka kurang dari 21 ribu. Kami target 25 ribu tapi hanya mendapatkan 21 ribu di Kota Cimahi," ucap Enang.

2. Partai NasDem belum menyerah

Farhan Gagal Lolos ke Senayan, NasDem: Masih Ada KansIlustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Partai NasDem belum sepenuhnya menerima hasil ini. Sebab, mereka menduga ada penggelembungan suara di TPS di wilayah Kota Bandung, sehingga pihaknya mengajukan untuk membuka lagi perolehan suara di wilayah itu dalam pleno rekapitulasi suara tingka Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang didapat, ungkap Enang, KPU Kota Bandung menyetujui untuk membuka lagi kotak tersebut.

Enang optimistis masih ada peluang bagi Partai NasDem untuk meloloskan kader NasDem ke DPR RI dari Dapil I Jabar.

"Kami melihat masih ada peluang karena ada daerah Cidadap (Kota Bandung) diindikasikan mengalami penggelembungan suara sehingga ini mencurigakan, kami ingin membuka kotak itu. Dan kelihatannya ada kans," kata Enang.

3. Daftar lengkap perolehan suara Dapil I Jabar

Farhan Gagal Lolos ke Senayan, NasDem: Masih Ada Kansgoogle

Berikut daftar tujuh Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat I berdasarkan hasil pleno KPU Kota Bandung dan Cimahi:

1. Atalia Praratya, Partai Golkar: 234.065
2. Ledia Hanifa, PKS: 131.455
3. Melly Goeslaw, Partai Gerindra: 75.365
4. Nurul Arifin, Partai Golkar: 63.203
5. Junico Siahaan, PDIP: 56.516
6. Habib Syarief Muhammad, PKB: 51.801
7. H. Fathi, Partai Demokrat: 39.048

Raihan suara yang diperoleh dari Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat I ini baru sebatas tingkat kabupaten dan kota. Sementara, hasil pleno rekapitulasi suara dilakukan secara bertahap mulai dari kecamatan, kabupaten dan kota, provinsi hingga nasional. Saat ini pleno rekapitulasi suara pleno baru digelar di tingkat provinsi, belum sampai pada tingkat nasional.

Baca Juga: Dinsos Cimahi Petakan Titik Rawan Pangkal Pengemis Selama Ramadan

Baca Juga: Raih 5 Kursi DPRD Cimahi, NasDem Berambisi Usung Kadernya di Pilkada

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya