Dua Calon Jemaah Haji Bandung Barat Wafat Sebelum Berangkat 

Menantu dilarang jadi penggantinya

Bandung Barat, IDN Times - Dua calon jemaah haji asal Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, meninggal dunia sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. Status haji mereka akhirnya digantikan ahli waris.

Kepala Kantor Kementerian Agama KBB Tedi Ahmad Junaedi mengatakan dua calon jemaah haji yang wafat sebelum diberangkatkan merupakan lanjut usia (lansia). Sesuai aturan, calon jemaah haji tersebut hanya boleh digantikan ahli waris saja.

"Yang jelas itu bisa diwakili oleh anak, tapi mantu tidak karena bukan ahli waris. Oleh kakak atau adik, misalnya, itu bagi calon jemaah haji yang wafat," kata Tedi saat dikonfirmasi, Rabu (8/5/2024).

1. Jemaah haji tahun ini sudah menunggu sepuluh tahun

Dua Calon Jemaah Haji Bandung Barat Wafat Sebelum Berangkat ilustrasi Kabah di Mekkah (unsplash.com/Sam Riz)

Calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini mencapai 1.181 orang. Para jemaah haji yang akan ditemani 21 petugas itu akan diberangkatkan dalam dua gelombang dan tiga kelompok terbang atau kloter.

Untuk gelombang pertama yang berjumlah 432 calon jemaah haji plus delapan petugas akan berangkat bersama kloter 10.

Mereka akan diberangkatkan dari Asrama Pusdikkav menuju Asrama Bekasi pada 15 Mei mendatang, sebelum diterbangkan ke Mekkah pada 16 Mei 2024.

Sedangkan gelombang kedua ada dua kloter jemaah haji asal Bandung Barat yang akan diberangkatkan, yakni kloter 46 sebanyak 432 orang beserta delapan petugas diberangkatkan pada 31 Mei 2024 serta kloter 54 calon jemaah haji sebanyak 317 orang plus lima petugas haji diberangkatkan pada 4 Juni 2024.

"Bagi jemaah haji yang berangkat tahun ini adalah jemaah haji yang daftar tahun 2013 akhir dan 2014 awal. Jadi mereka daftar tunggunya sepuluh sampai 11 tahun untuk keberangkatan tahun 2024 ini," ujar Tedi.

2. Calon jemaah haji lansia asal KBB ada 96 orang

Dua Calon Jemaah Haji Bandung Barat Wafat Sebelum Berangkat Iman Rakiman (94), Calon Jemaah Haji Tertua Asal KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Ia mengatakan, calon jemaah haji tertua asal Bandung Barat yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini berusia 94 tahun, sedangkan calon jemaah haji tertua berusia 18 tahun. Sementara total jumlah calon jemaah haji yang masuk kategori lansia mencapai 96 orang.

Tedi memastikan calon jemaah haji asal KBB sudah memenuhi syarat kesehatan. Sebab sebelum keberangkatan sudah melalui berbagai pemeriksaan kesehatan. Termasuk ada pemerikaan di labolatorium.

"Di situ nanti dinilai ada yang lulus murni dan ada yang lulus dengan syarat misalnya harus melakukan pengobatan dulu. Setelah pengobatan kemudian dinyatakan sehat baru bisa berangkat, lalu bisa melunasi kemudian bisa berangkat," kata Tedi.

3. Calon jemaah haji diminta bersiap hadapi cuaca

Dua Calon Jemaah Haji Bandung Barat Wafat Sebelum Berangkat Pexels.com

Kemenag KBB juga meminta para calon jemaah haji asal Bandung Barat untuk mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem di Mekkah. Tedi menegaskan para petugas haji yang sudah disiapkan selalu siaga untuk mengawasi para calon jemaah haji.

"Penanganan kondisi cuaca panas bagi jemaah haji, informasi terakhir cuaca di Arab Saudi sudah agak menurun, tetapi tetap kewaspadaan kita untuk antisipasi cuaca ini terutama lansia," tuturnya.

Baca Juga: Ketika Haji Tertua Asal KBB Setia Tunggu Istri Demi Naik Haji Bersama

Baca Juga: Cuaca Buruk Pencarian Petani yang Tertimbun Longsor di KBB Ditunda

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya