DPS Pilgub Jabar dan Pilwalkot di Cimahi Capai 421.059 Orang

Data pemilih Pilkada 2024 di Cimahi masih dinamis

Cimahi, IDNTimes - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilihan Wali - Wakil Wali Kota Cimahi dan Gubernur - Wakil Gubernur Jawa Barat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hasilnya, DPS untuk Pilkada 2024 di Kota Cimahi mencapai 421.059 orang. Jumlah tersebut mengalami penambahan sebanyak 4.325 orang dibandingkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang hanya 416.734 orang.

"Untuk DPS pemilihan wali dan wakil wali kota serta gubernur wakil gubernur sudah kami tetapkan sebanyak 421.059 orang," kata Koordinator Divisi Teknis KPU Kota Cimahi Jayadi Rachmat saat dikonfirmasi, Senin (12/8/2024).

1. DPS didapat dari hasil coklit

DPS Pilgub Jabar dan Pilwalkot di Cimahi Capai 421.059 Orangilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

DPS untuk Pilkada 2024 itu, kata Jayadi, didapat berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang mengacu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada (DP4) yang didapat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang jumlahnya mencapai 423.424 orang.

Hasil coklit itu kemudian dilakukan penelahaan dan validasi hingga akhirnya ditetapkan DPS untuk Pilkada 2024 di Kota Cimahi yang mencapai 421.059 orang. Selain itu ditetapkan juga tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 823 titik.

"Itu hasil coklit kemarin. Kemarin memang temuan seperti data ganda, ada yang meninggal tapi masih terdata. Tapi sekarang sudah clear," ujar Jayadi.

2. KPU Cimahi minta Disdukcapil percepat perekaman

DPS Pilgub Jabar dan Pilwalkot di Cimahi Capai 421.059 OrangIlustrasi pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Tahapan selanjutnya, kata dia, hasil DPS tersebut akan diumumkan kepada masyarakat. Dalam tahapan tersebut, masyarakat dipersilahkan untuk memberikan tanggapan selama 10 hari ke depan sebelum nantinya ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP).

"Jadi selama masa itu masyarakat berhak memberikan masukan. Misalnya masyarakat masuk syarat pemilih, tapi belum terdaftar itu kami terbuka," kata Jayadi.

Dia mengatakan, data tersebut masih sangat dinamis sebelum akhirnya ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Jayadi pun berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi untuk mempercepat perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

"Nanti dari DPSHP ditetapkan menjadi DPT. Kita juga koordinasi dengan Disdukcapil Kota Cimahi untuk percepatan perekaman KTP untuk pemula," ucapnya.

3. KPU Cimahi pesimis partisipasi Pilkada samai Pemilu 2024

DPS Pilgub Jabar dan Pilwalkot di Cimahi Capai 421.059 OrangIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Cimahi Anzhar Ishal Afryand mengaku pesimistis partisipasi memilih di Pilkada 2024 mampu menyamai partisipasi saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Partisipasi masyarakat dalam memilih di Pilkada 2024 ditargetkan hanya 80 persen.

Dia mengatakan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu yang berlangsung Februari 2024 lalu mencapai 85 persen. Namun, mereka tak yakin capaian itu akan terulang di Pilkada yang akan berlangsung November mendatang.

"Mungkin berbeda saat Pemilu 14 Februari 2024 yang angka partisipasi pemilih di Cimahi mencapai 85 persen. Pilkada sekarang target kami partisipasi masyarakat Cimahi bisa 80 persen," kata Anzhar.

Rizki Photo Community Writer Rizki

Sehat, soleh, rezeki nomplok

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya