Diprediksi Menang, Golkar Berambisi Usung Kadernya di Pilkada KBB

Golkar KBB diprediksi bakal raih 8 kursi

Bandung Barat, IDN Times - Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung Barat (KBB) Sunarya Erawan memprediksi partainya bakal meloloskan delapan caleg menjadi anggora DPRD periode 2024-2029 meskipun penghitungan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berlangsung.

"Syukur Alhamdulillah atas pencapaian pada Pemilu 2024 ini. Tentunya semua berkat kerja keras jajaran pengurus, fraksi, para calon anggota legislatif (caleg), dan seluruh kader. Dengan menjadi peraih suara terbanyak Partai Golkar bisa kembali menjadi pemimpin (ketua) DPRD KBB," kata Sunarya saat dihubungi, Selasa (27/2/2024).

1. Golkar berambisi usung kader di Pilbup KBB

Diprediksi Menang, Golkar Berambisi Usung Kadernya di Pilkada KBBAzam_assyadily

Menurutnya kemenangan di Pemilu 2024 akan menjadi momentum pula untuk menjadikan kadernya sebagai Bupati Bandung Barat. Pasalnya, sejak KBB berdiri dan kini sudah menginjak usia 17 tahun belum pernah kader Partai Golkar menjadi bupati.

Untuk itu, partai yang dipimpin Ketua Umum Airlangga Hartarto itu akan mengusung kadernya di Pilkada 2024 di Bandung Barat.
Meski diakuinya, keputusan untuk siapa yang menjadi calon bupati ada di tangan DPP Partai Golkar. Namun ia yakin, DPP tidak akan gegabah dalam mengambil keputusan.

"Saya sangat setuju jika Partai Golkar pada Pilkada nanti mengusung kadernya sendiri. Banyak kader yang berpotensi dan bisa memimpin Bandung Barat. Ini tentunya sebuah kesempatan yang jangan disia-siakan, karena belum tentu pemilu mendatang suara Partai Golkar bisa seperti sekarang," ujar dia.

2. Kursi Partai Golkar di KBB diprediksi bertambah

Diprediksi Menang, Golkar Berambisi Usung Kadernya di Pilkada KBBreal count KPU RI

Ketua DPD Partai Golkar KBB, Dadan Supardan mengatakan, mengacu pada formulir C1 yang dimiliki saksi menunjukkan raihan suara Partai Golkar di Pemilu 2024 menjadi yang terbanyak dibandingkan partai lain.

"Dari formulir C1 jelas raihan suara Partai Golkar menjadi yang terbesar jika dibandingkan partai lainnya. Begitupun dari Sirekap KPU meski sifatnya masih sementara tapi raihan suara caleg dari kami rata-rata di atas," kata Dadan.

Dirinya mengklaim, untuk daerah pemilihan (Dapil) 2, 3, dan 4 sudah dipastikan masing-masing mendapat dua kursi. Sementara Dapil 1 dan 5 masing-masing meraih satu kursi.

"Tapi khusus di Dapil 1, besar kemungkinan akan bertambah satu sehingga menjadi dua kursi. Dengan demikian jika ditotal berpeluang meraih 9 kursi. Tapi yang pasti 8 kursi sudah di tangan," ujarnya.

3. Partai Golkar dinilai dapat respons positif

Diprediksi Menang, Golkar Berambisi Usung Kadernya di Pilkada KBBIlustrasi pencoblosan (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Menurutnya, naiknya suara Golkar di KBB tak bisa dilepaskan dari terjalin baiknya konsolidasi jajaran pengurus dari tingkat pusat, provinsi, sampai kabupaten/kota. Sehingga menumbuhkan citra positif di masyarakat.

"Tak hanya itu soliditas para caleg di tiap daerah pemilihannya masing-masing juga memberi energi positif di mata masyarakat. Tentunya kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada Partai Golkar pada Pemilu 2024 ini harus dibayar dengan kinerja yang baik dan bermanfaat bagi semua," tandasnya.

Dengan tingginya raihan suara partai, dipastikan Golkar bakal kembali menduduki posisi Ketua DPRD KBB. Ini mengulangi sejarah ketika awal KBB berdiri.

"Pada awal KBB berdiri tahun 2007 Golkar mampu meraih 17 kursi dan menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD KBB. Namun pada Pemilu 2009 turun menjadi 7 kursi," ujarnya.

Kemudian pada Pemilu 2014 harus kehilangan satu kursi menjadi 6 kursi. Kemerosotan partai yang berdiri pada masa Orde Baru inj kembali terjadi pada Pemilu 2019 yang hanya meraih 5 kursi.

"Alhamdulillah pada Pemilu 2024, suara Partai Golkar naik cukup signifikan. Apakah nantinya akan bertambah menjadi 9 kursi, kita tinggu saja pleno KPU KBB yang kabarnya akan dilaksanakan akhir Februari ini," ujar dia.

 

Baca Juga: Bawaslu KBB Terima Laporan Dugaan Manipulasi Suara Pileg 2024

Baca Juga: Pemilu 2024, Anggota KPPS di KBB Meninggal Dunia 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya