Dinkes KBB Usut Penyebab Keracunan Massal di Lembang

Sampel makanan dikirim ke laboratorium

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengusut penyebab dugaan keracunan massal yang menimpa warga Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang. Tercatat ada 68 orang warga yang mengalami dugaan keracunan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes KBB Nurul Rasihan mengatakan pemerintah sudah mengambil sampel makanan dan minuman dari acara hajatan yang diduga jadi penyebab warga mengalami gejala mual dan muntah.

"Sampel dari semalam sudah diambil. Untuk jenis-jenisnya itu ada beberapa, nasi, sop sapi, tempe orek, kikil bumbu kuning, capcay ayam suwir, ikan asin sama air minum," kata Nurul saat dihubungi, Kamis (20/6/2024).

1. Hasil uji diperkirakan rampung dalam dua pekan

Dinkes KBB Usut Penyebab Keracunan Massal di Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan, berbagai jenis sampel makanan dan minuman tersebut sudah dikirim Laboratorium Kesehatan Provinsi (Labkesprov) Jawa Barat untuk dilakukan pengujian. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua pekan untuk melakukan analisis penyebabnya.

"Sudah dikirim ke Labkesprov, katanya sekitar 14 hari kerja baru keluar hasilnya," ucap Nurul.

2. Dinkes KBB lakukan penelusuran

Dinkes KBB Usut Penyebab Keracunan Massal di Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Pemerintah juga turun ke lapangan untuk melakukan penelusuran. Hasilnya, kata dia, warga awalnya mengalami gejala mual, muntah, lemas dan pusing usai mengkonsumsi hidangan dalam acara hajatan yang berlangsung pada Rabu (19/6/2024).

Namun, ungkap Nurul, yang mengalami gejala tersebut hanya warga yang mengkonsumsi hidangan makanan dan minuman pada acara siang. Sedangkan yang giliran mengonsumsi hidangan saat pagi tidak ada yang mengalami dugaan keracunan.

"Ternyata jadi ada dua grup pagi sama siang. Katanya yang pagi mah gak masalah cuma setelah ditelusuri yang datang siang yang korban keracuan. Ini lagi ditelusuri kan menunya sama," ujar Nurul.

3. Ada 68 orang warga diduga keracunan

Dinkes KBB Usut Penyebab Keracunan Massal di Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kepala Desa Cikahuripan Oman Haryanto mengatakan, total ada 68 warga yang diduga mengalami keracunan usai menyantap hidangan dalam acara hajatan. Korban sempat mendapat perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan.

"Total jumlah warga yang mengalami dugaan keracunan itu ada 68 orang. Sampai pagi ini mayoritas sudah pulang," kata Oman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan keracunan yang dialami warganya itu terjadi beberapa jam setelah mereka mengonsumsi hidangan hajatan yang digelar pada Rabu siang.

"Hajatannya hari ini, gak terlalu besar juga jadi hanya keluarga besar. Acaranya jam 12.00 WIB, jam 18.00 WIB baru ada keluhan mual," ujarnya.

Baca Juga: Jumlah Warga Lembang yang Diduga Keracunan Capai 68 Orang

Baca Juga: Warga Lembang Diduga Keracunan Usai Konsumsi Hidangan Hajatan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya