Dikdik Siap Lepas Jabatannya Demi Maju di Pilkada Kota Cimahi 2024

Dikdik dapat surat tugas dari Partai Golkar

Cimahi, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Jawa Barat Dikdik Suratno Nugrahawan mengaku siap mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) jika resmi maju di Pilkada 2024. Meskipun Batas Usia Pensiun (BUP) dirinya tergolong masih panjang, di mana dia kini baru berusia 51 tahun.

"Kalau untuk kebaikan apalagi ini diminta masyarakat kenapa tidak (mengundurkan diri), karena saya ini lahir dan dibesarkan di Cimahi. Ketika masyarakat meminta saya berkorban demi kota, kenapa tidak?" kata Dikdik di Pemkot Cimahi, Selasa (30/4/2024).

1. Dikdik siap maju jika masyarakat menghendaki

Dikdik Siap Lepas Jabatannya Demi Maju di Pilkada Kota Cimahi 2024Ilustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Dikdik sebelumnya sudah mendapat surat tugas dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada 2024. Dia mengatakan mundur dari PNS menjadi konsekuensi yang harus dijalaninya jika terjun ke dunia politik.

Dikdik menyebutkan keputusannya untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi periode 2024-2029 karena dukungan dari masyarakat. Ia tak ragu untuk maju di Pilkada nanti jika mendapat dukungan dari masyarakat.

"Persoalan saya nanti mencalonkan atau tidak tentu yang harus menjadi dasar pertimbangan saya adalah dukungan dari masyarakat. Ketika masyarakat menghendaki kenapa tidak?" kata Dikdik.

2. Dikdik dapat lampu hijau dari Partai Golkar

Dikdik Siap Lepas Jabatannya Demi Maju di Pilkada Kota Cimahi 2024Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurutnya, pengalamannya ketika menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi dari Oktober 2022 hingga Oktober 2023 cukup memberinya gambaran menjadi seorang pemimpin. "Bagaimana seorang pemimpin atau kepala daerah nanti dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka menjamin masyarakat di Cimahi ini menjadi lebih baik," ujar Dikdik.

Dirinya mengakui sejauh ini baru Partai Golkar yang sudah memberinya surat tugas, meskipun belum berupa rekomendasi. Namun, dia menyebutkan sudah menjalin komunikasi dengan semua partai politik.

"Saya kasih clue-nya, bagi saya semua partai baik terutama dalam hal komunikasi dengan saya. Artinya semua membuka pintu. Kalau pun ada partai yang sudah melakukan penjaringan itu sesuai kebijakan partainya," kayanya.

3. Dikdik tetap fokus jalankan tugasnya

Dikdik Siap Lepas Jabatannya Demi Maju di Pilkada Kota Cimahi 2024Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Dikdik melanjutkan tahapan menuju Pilkada masih cukup panjang sehingga dirinya untuk sementara ini tetap fokus menjalankan tugasnya sebagai Sekda Kota Cimahi. Sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), dia menegaskan bakal taat terhadap aturan.

"Saya sebagai ASN. Saya tidak mau, ketika saya berniat baik katakanlah untuk Pilkada ini kemudian menjadi sesuatu yang salah karena saya misalnya tidak memahami aturan atau melanggar aturan. Jadi saya juga harus bisa memahami tentang aturan jangan kemudian nanti jadi sesuatu yang salah," ujarnya.

Baca Juga: 1 Juta Batang Rokok Ilegal Senilai Rp1,6 Miliar Dibakar di Cimahi

Baca Juga: KPU Cimahi Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Catat Tanggal dan Honornya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya