Diduga Sakit, TKW Asal Bandung Barat Meninggal di Malaysia

TKW tersebut hingga kini masih berada di Malaysia

Bandung Barat, IDN Times - Seorang buruh migran perempuan asal Desa Sukaeesmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) meninggal dunia di Malaysia. Dia meninggal diduga karena sakit.

Informasi meninggalnya seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang diketahui bernama Ukaesih (53 tahun) itu dibenarkan Camat Rongga, Agus Rudianto saat dihubungi, Sabtu (14/10/2023). Dia mengatakan yang bersangkutan hingga kini masih berada di Malaysia.

"Iya betul itu warga Sukaresmi, Kecamatan Rongga. Namanya Ukaesih usianya 53," kata dia.

1. Informasi awal TKW tersebut berasal dari Sukaresmi, Cianjur

Diduga Sakit, TKW Asal Bandung Barat Meninggal di MalaysiaIlustrasi Pekerja Migran Indonesia. IDN Times/.istimewa

Agus mengungkapkan, informasi awal diketahui adanya TKW asal Rongga yang meninggal itu diketahui dari polisi yang berada di wilayah Sukaresmi, Cianjur. Namum setelah dilakukan pencarian terhadap alamat tersebut, ternyata aparat tidak menemukan.

Kepolisian yang berada di Cianjur kemudian menghubungi polisi yang berada di wilayah Rongga, dan penelusuran dilakukan hingga Jumat (13/10/2023) malam. Akhirnya alamat tersebut ditemukan berada di Kampung Saninten, RT 02/09, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, KBB.

"Iya alamatnya di Sukaresmi, awalnya disangka Cianjur. Saya tadi malam ditelepon Kapolsek ada info dari Cianjur, dicari di Cianjur tidak ada. Dicari di sini ternyata benar," ujar Agus.

2. Keluarga korban baru mengetahui kejadian tersebut

Diduga Sakit, TKW Asal Bandung Barat Meninggal di Malaysiailustrasi Tenaga Kerja Indonesia (IDN Times/Nathan Manaloe)

Agus mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun saat ini korban masih berada di salah satu rumah sakit di Malaysia. "Keluarganya juga informasinya baru tahu. Informassnya meninggal karena sakit. Kami terus lakukan komunikasi," ucap Agus.

Dia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Bandung Barat. Bahkan, kata dia, Dinas Tenaga Kerja sudah diterjunkan ke lapangan untuk menelusuri kejadian meninggalnya TKW di Malaysia.

"Kami sudah komunikasi dengan Disnaker. Juga sudah turun ke lapangan karena selaku yang berwenang soal ketenagakerjaan," ujar dia.

Baca Juga: Modus Kencan, Pelaku Curi Harta TKW Pesawaran Pulang dari Malaysia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya