Cuaca Buruk Pencarian Petani yang Tertimbun Longsor di KBB Ditunda

Terjadi longsoran kecil di sekitar lokasi kejadian

Bandung Barat, IDN Times - Proses pencarian terhadap seorang petani yang diduga tertimbun longsor di di Kampung Cimanggu, RT 01/16, Desa Cempaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Sabtu (27/4/2024) masih nihil. Korban yang diketahui bernama Opa (65 tahun) belum juga ditemukan.

Sebelumnya, petani yang diketahui berasal dari Kampung Tangkil, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan, KBB itu dilaporkan hilang di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) pada Jumat (26/4/2024) siang. Dia kemungkinan tertimbun longsor saat berada di sawahnya.

"Untuk pencarian hari ini terpaksa dihentikan sementara sejak tadi sekitar pukul 1 atau 2 siang, masih nihil. Pencarian dilanjutkan besok," Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulanhan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Yan Cahya Djuarsa saat dikonfirmasi.

1. Hujan turun saat proses pencarian

Cuaca Buruk Pencarian Petani yang Tertimbun Longsor di KBB Ditunda(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia menjelaskan proses pencarian hari ini terpaksa dihentikan karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Dikhawatirkan terjadi longsoran, sehingga para seluruh personel Tim Sar Gabungan diminta untuk menjauh dari tebingan dan menunda sementara pencarian korban.

"Tadi di atas tanahnya turun lagi mungkin ada 1 meter, jadi khawatir kondisi hujan nanti malah terjadi longsor susulan. Mangkanya tadi pencarian dihentikan dulu," ujarnya.

2. Pencarian dilakukan secara manual

Cuaca Buruk Pencarian Petani yang Tertimbun Longsor di KBB Ditunda(Bangkit Rizki/IDN Times)

Yan Cahya mengatakan, proses pencarian yang dilakukan Tim Sar Gabungan hari ini dilakukan secara manual. Sebab, akses menuju lokasi longsor tidak mungkin dimasuki alat berat. Untuk mempercepat proses pencarian, anjing pelacak milik Polres Cimahi juga dikerahkan.

"Hari ini proses pencarian dilakukan secara manual menggunakan peralatan seperti cangkul, sekop dan sebagainya. Tadi dibantu juga sama anjing pelacak. Mudah-mudahan besok segera ditemukan," tutur Yan Cahya.

3. Area pencarian seluas 5 km persegi

Cuaca Buruk Pencarian Petani yang Tertimbun Longsor di KBB Ditunda(Bangkit Rizki/IDN Times)

Komandan Tim Sar Bandung Idham Pratama mengatakan sejauh ini aparat menerima laporan satu orang hilang dalam peristiwa longsor tersebut. Dia mengatakan luas area pencarian di lokasi oleh Tim Sar Gabungan mencapai 5 km persegi.

"Untuk sementara informasi yang kami dapatkan dari saksi, pihak keluarga dan aparat setempat ada satu orang yang dilaporkan hilang. Luas area pencarian 5 km meter persegi, ketinggian 40-50 meter," kata Idham.

Dia mengatakan Tim Sar gabungan mendapati berbagai kendala dalam proses pencarian korban ini, di antaranya ialah minimnya peralatan.

"Kendala di lapangan minimnya alat, alat berat tidak memungkinkan untuk didatangkan kemudian cuaca juga tidak menungkinakn jadi pencarian dilakikan secara manual," ujarnya.

Baca Juga: Cari Petani Tertimbun Longsor di KBB, 2 Anjing Pelacak Dikerahkan

Baca Juga: Seorang Petani Dilaporkam Tertimbun Longsor di KBB Saat Sedang Panen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya