Bocah 7 Tahun Tersengat Listrik di Alun-alun Cimahi, Begini Kondisinya

Bocah yang tersengat listrik selamat

Cimahi, IDN Times - Seorang bocah perempuan berusia 7 tahun tersengat listrik saat sedang bermain di area playground Alun-alun Kota Cimahi, Jawa Barat. Peristiwa anak yang tersengat listrik itu viral di media sosial, sampai ada narasi palsy yang menyebutkan bocah tersebut meninggal dunia.

Peristiwa anak tersengat listrik itu disebutkan terjadi pada Senin (7/11/2023) sekitar pukul 14.30 WIB di area playground Alun-alun Cimahi. Korban langsung dibawa ke Puskesmas Cimahi Tengah yang dekat dengan Alun-alun Cimahi.

Narasi kejadian itu salah satunya diunggah
akun Instagram @infobdgbaratcimahi. Dalam keterangannya, akun Instagram tersebut menuliskan bahwa ada anak berusia 7 tahun yang bermain di area bermain anak-anak di Alun-alun Cimahi saat hujan. Kemudian anak tersebut menyentuh tiang lampu hingga akhirnya tersengat listrik.

"Pas hujan anak usia sekitar 7 tahun
hujan-hujanan lalu bermain di wahana permainan tanpa disengaja menyentuh atau memegang tiang lampu yang memiliki aliran listrik sehingga korban kesetrum lalu di tolong oleh tukang cumi bakar
yang lagi jualan. Korban langsung dilarikan ke puskesmas terdekat karena matanya sudah full putih dan lemas. Dan menurut keterangan di grup WhatsApp IBBC, info terbaru korban tidak dapat tertolong atau MD akibat kejadian ini. Semoga korban husnul khatimah dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan," tulis akun Instagram @infobdgbaratcimahi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Endang membenarkan adanya seorang bocah yang tersengat listrik di Alun-alun Cimahi. Namun, dia membantah korban sampai meninggal dunia.

"Hari ini petugas DPKP menemui pihak keluarga. Alhamdulillah kondisi anak sudah membaik," kata Endang saat dihubungi, Kamis (11/2023).

1. Kronologi peristiwa listrik yang menyengat bocah

Bocah 7 Tahun Tersengat Listrik di Alun-alun Cimahi, Begini Kondisinya(Bangkit Rizki/IDN Times)

Bocah yang tersengat listrik di area bermain anak-anak diketahui bernama Sintia Kamelia (7 tahun) asal Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Endang mengatakan, saat kejadian anak tersebut sedang bermain di area playground Alun-alun Cimahi.

Kondisinya area taman bermain yang dilapisi rumput sintetis saat itu sedang basah karena sehari sebelumnya diguyur hujan. Kemudian dari informasi yang didapatnya, ungkap Endang, ada kabel yang sedikit terkelupas.

"Iya. Informasiya karena ada kabel terkelupas di area playground yang kebetulan ada genangan air karena habis hujan," ujar Endang.

2. Area bermain anak di Alun-alun Cimahi ditutup sementara

Bocah 7 Tahun Tersengat Listrik di Alun-alun Cimahi, Begini Kondisinya(Bangkit Rizki/IDN Times)

Endang mengatakan pemerintah sudah melaporkan perihal kejadian tersebut kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat. Sebab, l saat ini Alun-alun Cimahi masih menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar untuk pemeliharaannya.

Namun demi keamanan, untuk sementara area tempat bermain anak-anak di Alun-alun Kota Cimahi ditutup sementara.

"Sambil jaringan kelistrikannya mau diperbaiki. Dan sudah dilaporkan ke Disperkim Provinsi Jawa Barat untuk segera diperbaiki," ucap Endang.

Seperti diketahui Alun-alun Cimahi sendiri baru diresmikan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Agustus lalu. Alun-alun tersebut direvitalisasi menggunakan anggaran Pemprov Jabar sekitar Rp15 miliar lebih.

3. Polisi minta area bermain anak Alun-alun Cimahi segera diperbaiki

Bocah 7 Tahun Tersengat Listrik di Alun-alun Cimahi, Begini Kondisinyagoogle

Sementara itu Kapolsek Cimahi, Kompol Donny Irawan mengatakan aparat sudah meminta agar taman bermain tersebut segera diperbaiki menghindari kejadian serupa.

"Untuk korban selamat, sudah beraktivitas lagi. Kami koordinasi dengan dinas terkait supaya segera dilakukan perbaikan," kata Donny.

Baca Juga: Wajah Baru Alun-alun Kota Cimahi Bikin Banyak Hantu Gentayangan 

Baca Juga: Kekeringan Kian Meluas, Warga Gelar Salat Istisqa di Alun-alun Cimahi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya