Bey: Lautan Sampah di Sungai Citarum Akibat Sedimentasi DAS

Bey Machmudin tinjau tumpukan sampah di Sungai Citarum

Bandung Barat, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyebutkan sedimentasi menjadi penyebab menumpuknya sampah di Sungai Citarum di Blok Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hal itu disampaikan Bey Machmudin saat meninjau langsung tumpukan sampah di Sungai Citarum pada Rabu (12/6/2024). Dia mengatakan, sampah itu merupakan kiriman dari wilayah hulu seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi yang terbawa banjir saat hujan deras.

"Ini akibatnya karena biasanya kalau aliran lancar itu tertahan diujung cuma karena ini meninggi dan sedimentasi jadi tertahan di sini," kata Bey.

1. Bey soroti perilaku masyarakat

Bey: Lautan Sampah di Sungai Citarum Akibat Sedimentasi DAS(Bangkit Rizki/IDN Times)

Berdasarkan pantauan, sampah yang memenuhi aliran Sungai Citarum di wilayah Bandung Barat itu mulai dibersihkan secara manual oleh relawan, TNI dan pihak lainnya. Sampah plastik nampak mendominasi, selain ada juga eceng gondok dan sampah lainnya.

Bey Machmudin juga menyoroti prilaku buruk masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan ke sungai. Dampaknya, Sungai Citarum yang semestinya bersih malah menjadi lokasi pembuangan sampah. Padahal, kata dia, masing-masing daerah sudah memiliki aturan yang berisi sanksi bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan

"Sampah ini kembali bagaimana kedisiplinan warga, kami mohon masyarakat jangan buang sampah sembarangan, buang pada tempatnya. Masyarakat sudah ada aturannya. Tapi harus ada buktinya. Kalau seperti ini bagaimana menindaknya," ujarnya.

2. Pemprov Jabar targetkan kualitas air 60 persen

Bey: Lautan Sampah di Sungai Citarum Akibat Sedimentasi DAS(Bangkit Rizki/IDN Times)

Bey Machmudin melanjutkan, pihaknya bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk menjaga kebersihan Sungai Citarum melalui program Citarum Harum yang masih berjalan.

"Jadi kami manfaatkan itu program Citarum Harum. Koordinasi sudah jalan, gak perlu rapat-rapat lagi, koordinasi langsung jalan. Kita ingin Citarum Harum tetap seperti ini dan direplikasi ke sungai lainnya program ini," sebutnya.

Pemprov Jabar menargetkan indeks kualitas air di Sungai Citarum bisa mencapai 60 persen tahun 2025. Bey Machmudin mengajak masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut, di antaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

"Target kualitas air 60 persen 2025, kita terus berusaha dan Upayakan. Masyarakat juga harus bantu jangan buang sampah sembarangan," ucap Bey.

3. Sampah ditargetkan bersih dalam sepekan

Bey: Lautan Sampah di Sungai Citarum Akibat Sedimentasi DAS(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtyas menambahkan, dengan berbagai peralatan dan pihak yang terlibat, sampah yang menumpuk di Sungai Citarum ditargetkam bersih dalam sepekan.

"Kalau perkiraan dengan sarana prasarana yang ada seminggu gak sampai bisa kita atasi," kata Prima.

Baca Juga: Sungai Citarum di Bandung Barat Tertutup Tumpukan Sampah

Baca Juga: Peternak di KBB Kebanjiran Pesanan Hewan Kurban Jelang Iduladha

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya