Bawa Mobil Pikap, Viral Maling Gasak 1 Ton Beras Bandung Barat

Terduga pelaku berjumlah lima orang

Bandung Barat, IDN Times - Aksi pencurian beras terjadi di sebuah toko di Jalan Raya Batujajar, RT 03/07, Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Para pelaku
dengan santainya mengambil puluhan karung beras menggunakan kendaraan roda empat jenis pikap.

Aksi pencurian yang terekam kamera CCTV dan viral di media sosial diketahui terjadi pada Selasa (30/3/2024). Dalam video yang beredar, para pelaku yang berjumlah sekitar lima orang itu membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk mencuri puluhan karung beras milik korban.

"Kejadiannya itu kalau dilihat sekitar pukul 01.55 WIB, tapi baru ketahuan pas pagi sekitar pukul 06.30 WIB di kios beras yang saya sewakan ke korban," kata Adang Muhidin (51 tahun) pemilik kios atau kontrakan saat dikonfirmasi, Kamis (2/5/2024).

1. Pelaku jebol gembok kios

Bawa Mobil Pikap, Viral Maling Gasak 1 Ton Beras Bandung Barat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Berdasarkan rekaman CCTV yang ada, kata Adang, mulanya para pelaku datang ke kontrakan miliknya yang disewakan itu membawa mobil pikap jenis Daihatsu Granmax berwarna putih. Mobil tersebut diparkirkan tepat di samping toko beras tersebut.

Setelah itu dua orang pelaku turun dari mobil dan menjebol pintu kios bagian belakang. Sedangkan tiga orang pelaku masih berada di mobil pikap. Setelah pintu berhasil dijebol, dua orang pelaku lagi turun dari mobil untuk membantu mengangkut beras tersebut.

"Jadi mereka masuknya lewat pintu belakang, dijebol gemboknya. Pelakunya ada lima orang, yang satu pelaku itu yang sopir, dia stand by di mobil. Nah sisanya yang empat orang itu yang beraksi ambil beras dari toko ke mobil," ujar Adang.

2. Pelaku beraksi selama 25 menit

Bawa Mobil Pikap, Viral Maling Gasak 1 Ton Beras Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Aksi komplotan pencuri berakhir sekitar pukul 02.20 WIB usai menggasak 43 karung beras, di mana setiap karungnya berisi 25 kilogram. Artinya, total beras yang digasak para pelaku mencapai 1.075 kilogram atau 1 ton lebih.

"Pelaku hanya beraksi sekitar 25 menit untuk mencuri 43 karung beras. Isinya 25 kilogram, kalau kerugian sekitar Rp15 juta. Mereka pergi ke arah Cimareme," ujar Adang.

Dia mengatakan biasanya di sekitar tempatnya itu ada dua orang yang berjaga, termasuk yang memantau CCTV lewat monitor.

Namun saat kejadian, penjaganya tertidur karena kelelahan usah nonton bareng semifinal Piala Asia U-23 yang mempertemukan Timnas Indonesia Vs Uzbekistan.

"Biasanya setiap malam ada yang jaga. Tapi pas kejadian tertidur, satu orang lagi gak masuk," ucapnya.

3. Korban lapor polisi

Bawa Mobil Pikap, Viral Maling Gasak 1 Ton Beras Bandung Barat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Pihak korban, kata Adang, sudah melaporkan peristiwa pencurian puluhan karung beras itu ke polisi. Bahkan, plat nomor polisi kendaraan pikap jenis Daihatsu Granmax itu sudah dilakukan pengecekan, namun ternyata palsu.

"Plat nomornya itu sudah dicek, tapi palsu. Kalau yang di video kan pikap warna putih, ternyata pas dicek plat nomornya itu mobil Suzuki warna hitam. Korban udah lapor polisi," kata Adang.

Terpisah, Kapolsek Padalarang Kompol Darwan membenarkan aksi pencurian puluhan karung beras yang terjadi wilayah hukum Polsek Padalarang itu. Aparat sudah menerima laporan dan saat ini tengah dilakukan penyelidikan.

"Ya, laporannya masuk ke polsek, kami sedang lakukan penyelidikan," ucap Darwan.

Baca Juga: Cari Petani Tertimbun Longsor di KBB, 2 Anjing Pelacak Dikerahkan

Baca Juga: Peluang Pertarungan Asep Eks Sekda Vs Asep Eks BKPSDM di Pilkada KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya