Arus Balik, Kendaraan Arah Jakarta di Tol Purbaleunyi KM 125 Padat

Polisi siapkan skema atasi kepadatan

Cimahi, IDN Times - Ruas Jalan Tol Purbaleunyi tepatnya di KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat terpantau padat kendaraan pada arus balik 2024 pada Minggu (14/4/2024).

Berdasarkan pantauan IDN Times sekitar pukul 16.00 WIB, laju kendaraan terpantau melambat karena adanya kepadatan arus lalu lintas. Kondisi itu berdampak terhadap Rest Area KM 125 yang mulai dipadati kendaraan untuk rehat sejenak. Kendaraan diprediksi didominasi pemudik yang mengarah ke Jakarta, Bekasi, Karawang dan sekitarnya dan sekitarnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi AKP Adhi Adhi Prasidya Danahiswara mengatakan, puncak arus balik lebaran 2024 memang diprediksi terjadi hari ini, Minggu (14/4/2024). Dimana arus lalu lintas di ruas jalan tol yang berada di wilayah hukum Polres Cimahi mengalami peningkatan.

"Jadi bisa kita lihat di Rest Area 125 sudah memasuki puncak dan ini harus terakhir libur.
Penumpukan terjadi di Rest Area KM 125 namun untuk arus ramai lancar," kata Adhi.

1. Kepadatan dikarenakan pertemuan di dua GT Tol

Arus Balik, Kendaraan Arah Jakarta di Tol Purbaleunyi KM 125 Padat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut dia, padatnya arus lalu lintas di Ruas Jalan Tol Purbaleunyi tepatnya di KM 125 karena adanya pertemuan kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Pasteur dan Gerbang Tol Cileunyi. Adhi mengatakan dominasi kendaraan mengarah ke Jakarta dan sekitarnya.

"Jadi ada pertemuan dari Cileunyi dan Pasteur. Dominasi arah Jakarta. Per hari ini kalau lihat data sudah 5-6 ribu kendaraan," ucap dia.

Adhi melanjutkan, jika nantinya arus lalu lintas di ruas jalan tol mengalami kemacetan, pihaknya sudah menyiapkan skema. Di antaranya menguras kendaraan di Exit Tol Cikamuning, yang dilanjutkan melalui jalur arteri lewat jalur Cikalongwetan - Purwakarta.

"Kita melihat situasi kalau memang nanti padat kita mainkan di Cikamuning," ucapnya.

2. Pemudik banyak yang beristirahat

Arus Balik, Kendaraan Arah Jakarta di Tol Purbaleunyi KM 125 Padat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Padatnya arus lalu lintas di ruas jalan tol itu membuat Andre Mulya (45), salah seorang pemudik asal Bekasi, Jawa Barat memutuskan untuk rehat sejenak di Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi. Ia dan keluarganya memilih tak melanjutkan perjalanan.

"Tadi masuk itu di Gerbang Tol Mohammad Toha udah mulai rame, terus masuk di sini (KM 125) agak macet ya sudah masuk rest area dulu," kata Andre.

3. Andre pilih putar balik

Arus Balik, Kendaraan Arah Jakarta di Tol Purbaleunyi KM 125 Padat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Awalnya Andre dan keluarganya akan pulang ke daerah asalnya di Bekasi usai ziarah ke makam keluarganya di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Namun melihat kondisi arus lalu lintas kekinian Andre dan keluarganya memutuskan mengurungkan niatnya.

"Tadinya mau pulang ke Bekasi tapi baru sampai sini udah macet, takutnya sampe sana macet soalnya katanya puncak arus mudik. Jadi mau balik lagi ke Dayeuhkolot," ujarnya.

Andre sudah bulat akan menunda kepulangannya ke Bekasi karena takut terjebak kemacetan. Dia akan kembali Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung melalui Gerbang Tol Padalarang. Renacanya Andre akan pulang pada Senin (15/4/2024).

"Mau nginep semalam lagi jadinya. Besok subuh baru pulang soalnya udah masuk kerja," kata dia.

Baca Juga: Kurangi Pengangguran, Pendatang di Cimahi Wajib Miliki Jaminan Kerja

Baca Juga: Pria Sepuh di Cimahi Ditemukan Tewas dengan Luka Tusuk 5 Cm

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya