Ambisi PDIP Geser PKS dari Kursi Ketua DPRD KBB di Pemilu 2024

PDIP targetkan raih 10 kursi

Bandung Barat, IDN Times - PDI Perjuangan berambisi menggeser Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kursi Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Pileg 2024. Partai berlambang banteng itu menargetkan untuk memenangi kursi.

Sejauh ini, kursi pucuk pimpinan tertinggi DPRD KBB dikuasai PKS yang mengirimkan delapan kadernya lewat Pemilu 2019. Sedangkan PDI Perjuangan mendapat jatah Wakil Ketua DPRD KBB dengan mengirimkan tujuh kadernya, sama seperti Partai Gerindra.

"Tentunya kami punya target untuk menambah kursi untuk menjadi kursi tertinggi (Ketua DPRD KBB). Minimal bisa meraih sepuluh kursi targetnya," kata Ketua DPC PDI Perjuangan KBB, Ida Widaningsih saat dihubungi, Sabtu (20/1/2024).

1. PDIP KBB bertekad menang lagi

Ambisi PDIP Geser PKS dari Kursi Ketua DPRD KBB di Pemilu 2024Google

Ida mengatakan target kursi tersebut optimistis bisa diraih untuk merebut kembali kursi Ketua DPRD KBB di Pileg 2024. Pada DPRD KBB periode 2014-2019, PDI Perjuangan menduduki pucuk tertinggi kursi legislatif dengan 12 kursi. Namun 'direbut' PKS di periode 2019-2024.

"Kalau berbicara suara kami periode kemarin masih pemenang masih tertinggi suara PDIP (suara parpol). Jadi sekarang kami mengejar, menargetkan untuk penambahan kursi tertinggi di KBB," ujarnya.

2. Semua kader dan dan caleg diintruksikan terjun ke masyarakat

Ambisi PDIP Geser PKS dari Kursi Ketua DPRD KBB di Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk meraih target tersebut, kata Ida, dirinya sudah mengintruksikan semua caleg untuk bergerak dan turun langsung ke masyarakat dengan membawa program partai. Di Pemilu 2024, PDI Perjuangan mengirimkan sebanyak 50 orang caleg yang bertarung dengan ratusan caleg dari partai politik lain.

Ida menegaskan semua caleg harus bisa memanfaatkan masa kampanye untuk meraih suara sebanyak mungkin di daerah pilihannya masing-masing. Selain itu, caleg juga diintruksikan untuk mengkampanyekan partai dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang bertarung Pilpres 2024.

"Kami menjalankan tugas partai dari DPP harus memenangkan dengan cara kita yaitu menyolidkan struktur, membentuk relawan Ganjar, door to door," ujar Ida.

3. PDI Perjuangan siap tatap Pemilu 2024

Ambisi PDIP Geser PKS dari Kursi Ketua DPRD KBB di Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Ida melanjutkan, PDI Perjuangan KBB sangat siap untuk menatap Pemilu 2024. Ia menegaskan partai yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu tetap solid dan tidak terpengaruh dengan mundurnya politisi senior PDI Perjuangan, Maruar Sirait, yang kini mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ida memastikan tidak ada kader partai yang mengikuti jejak Maruar Sirait yang mengundurkan diri dari partai berlambang banteng itu jelang Pemilu 2024. Dia menegaskaan seluruh kader partai di Bandung Barat di semua tingkatan tetap setia bersama PDI Perjuangan dan tegak lurus bersama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Pak Ara itu kan pribadi, jadi tidak ada kaitan dengan partai. tidak ada (kader) yang keluar, itu kan lebih ke pribadi jadi tidak ada pengaruh ke Kabupaten Bandung Barat," kata Ida.

Baca Juga: Baru Diresmikan, Alun-alun Ala 'Little Madinah' di KBB Kebanjiran

Baca Juga: Peserta Pemilu 2024 di KBB Terancam Didiskualifikasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya