80 Persen Pemudik Melintas di Tol Purbaleunyi KM 125 Arah Jakarta

Pergerakan pemudik diprediksi masih akan terjadi

Cimahi, IDN Times - Puncak arus balik lebaran 2024 terjadi pada Minggu (14/4/2024). Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono menyebutkan 80 persen pemudik dari arah timur sudah kembali dengen melewati Ruas Tol Cipurbaleunyi mengarah ke Jakarta.

Dia mengatakan pada puncak arus balik lebaran 2024 terpantau volume kendaraan yang melintas di ruas jalan tol di wilayah hukum Polres Cimahi yang mengarah ke Jakarta mengalami peningkatan. Kondisi itu terpantau juga di Rest Area KM 125 Tol Purbeunyi, Kota Cimahi, Jawa Barat.

"Kita melihat memang arus balik puncaknya kalau kita melihat Sabtu dan Minggu. Kalau kita lihat di dua hari ini sudah sekitar 80 persen yang sudah mengarah ke Jakarta," kata Aldi di Rest Area KM 125.

1. Polres Cimahi waspadai tumpahan kendaran dari Timur

80 Persen Pemudik Melintas di Tol Purbaleunyi KM 125 Arah Jakarta(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan arus balik masih akan terjadi hingga malam ini. Sebab berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian di wilayah Tasik, Garut dan Kabupaten Bandung pergerakan pemudik dari wilayah Timur yang mengarah ke Barat masih terlihat.

Untuk itu, Polres Cimahi tetap bersiaga di jalur mudik baik di ruas jalan tol maupun jalur arteri untuk mengantisipasi adanya kepadatan akibat tumpahan kendaraan pemudik dari wilayah Timur yang melintas saat puncak arus balik lebaran ini.

"Tadi kita juga menghubungi wilayah lain Garut, Tasik dan Soreang (Kabupaten Bandung) memang masih ada arus yang kita prediksi puncaknya yang akan melintas di KM 125 pukul 10 malam. Sehingga kami Polres Cimahi tetap siaga untuk mengantisipasi tumpahan arus dari Garut, Tasik dan Soreang," ujar Aldi.

2. Jalur Subang bisa jadi opsi

80 Persen Pemudik Melintas di Tol Purbaleunyi KM 125 Arah Jakarta(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan, selain melewati jalur tol dan jalur arteri via Cimahi - Padalarang, pemudik juga bisa memanfaatkan jalur Lembang menuju Subang hingga masuk ke Tol Cipali. Jalur ini bisa dimanfaatkan jika terjadi kepadatan di jalur tol dan arteri di wilayah hukum Polres Cimahi.

"Jadi itu mitigasi berdasarkan situasi dan kondisi. Kami sinergi antardaerah sehingga arus tetap berjalan sehingga masyatakat tidak mengalami stuck," ucapnya.

Secara keseluruhan, lanjut dia, arus balik lebaran 2024 ini masih terkendali meskipun terjadi peningkatan kendaraan. "Alhamdulillah kondisinya ramai lancar, kita bisa memitigasi dengan mempertebal jumlah personel, tim urai dan sebagainya. Jalur Padalarang juga ramai lancar," katanya.

3. Dominasi kendaraan mengarah ke Jakarta

80 Persen Pemudik Melintas di Tol Purbaleunyi KM 125 Arah Jakarta(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi AKP Adhi Adhi Prasidya Danahiswara mengatakan padatnya arus lalu lintas di Ruas Jalan Tol Purbaleunyi tepatnya di KM 125 karena adanya pertemuan kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Pasteur dan Gerbang Tol Cileunyi. Adhi mengatakan dominasi kendaraan mengarah ke Jakarta dan sekitarnya.

"Jadi ada pertemuan dari Cileunyi dan Pasteur. Dominasi arah Jakarta. Per hari ini kalau lihat data sudah 5-6 ribu kendaraan," ucap dia.

Baca Juga: Kurangi Pengangguran, Pendatang di Cimahi Wajib Miliki Jaminan Kerja

Baca Juga: Arus Balik, Kendaraan Arah Jakarta di Tol Purbaleunyi KM 125 Padat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya