6 Rumah di Bandung Barat Ambruk Tergerus Pergerakan Tanah

Penghuni rumah terpaksa harus mengungsi

Bandung Barat, IDN Times - Sejumlah rumah warga di Kampung Cibungur, RT 03/07, Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mengalami kerusakan parah usai terdampak bencana pergerakan tanah.

"Yang terdampak ada 9 rumah. 6 rumah yang rusak parah 3 rumah lainnya rusak terdampak," kata Ketua RW 07, Desa Sarinagen Yayat Supriatna, Jumat (29/3/2024).

1. Pergerakan tanah terjadi bertahap

6 Rumah di Bandung Barat Ambruk Tergerus Pergerakan Tanah(Dok/Istimewa)

Pergerakan tanah di Desa Sarinagen terjadi pertama kali pada hari Rabu (27/3/2024) sekitar jam 04.00 WIB. Pergerakan itu semakin bertambah dari hari ke hari hingga menghancurkan 9 rumah milik warga. Akibat pergerakan tanah itu, sembilan rumah mengalami rusak dari kerusakan sedang hingga rusak berat atau ambruk.

"Pergerakan tanah di Kampung Cibungur sudah terjadi sejak tiga hari lalu. Perlahan pergerakannya semakin bertambah bahkan sampai sore ini pergerakannya masih ada," ujar dia.

2. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu

6 Rumah di Bandung Barat Ambruk Tergerus Pergerakan Tanah(Dok/Istimewa)

Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa bencana pergerakan tanah ini. Sebab, para pemilik rumah lebih dulu mengevakuasi diri sebelum rumah mengalami ambruk. Para pengguni rumah sudah mengungsi ke rumah sodaranya masing-masing.

"Sekarang yang mengungsi sebanyak 10 kepala keluarga atau 39 jiwa. Mereka mengungsi ke rumah-rumah saudaranya," papar Yayat.

3. BPBD KBB lakukan assesment

6 Rumah di Bandung Barat Ambruk Tergerus Pergerakan Tanah(Dok/Istimewa)

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Agus Agus Soemartono mengatakan, petugas BPBD sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan asesment.

Berdasarkan hasil assement sementara, pergerakan tanah itu awalnya dipicu hujan deras. Namun untuk penyebab pergerakan tanah itu, tentu dibutuhkan kajian oleh pihak berwenang.

"Kita belum rangkum datanya. Petugas masih di lapangan masih melakukan asesmen. Nanti akan dirilis segera jika laporannya sudah terkumpul," ucap Agus.

Baca Juga: Korban Longsor di KBB Ditemukan Saling Berpelukan

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Pastikan Korban Longsor di KBB Direloksi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya