5 Meninggal Dunia, Begini Kronologis Kecelakaan Maut Peziarah di KBB

Belasan penumpang alami luka-luka dalam peristiwa ini

Bandung Barat, IDN Times - Kendaraan angkutan barang yang membawa rombongan peziarah asal Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mengalami kecelakaan maut pada Jumat (26/1/2024). Lima orang meninggal dalam kecelakaan itu.

Peristiwa kecelakaan tunggal truk bernomor polisi D-8304-WY ini terjadi di Jalan Saguling, Desa/Kecamatan Saguling, KBB sekitar pukul 00.30 WIB. Truk terbuka tersebut mengangkut puluhan peziarah.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengungkapkan, kecelakaan maut bermula ketika rombongan peziarah pulang menghadiri acara di Cianjur. Rombongan melewati Jalan Saguling untuk menuju daerah asalnya di Cipongkor.

"Kendaraan truk mengangkut warga asal Citalem, Cipongkor dari pengajian di Cianjur lewat Jalan Saguling," ujar Sudirianto di lokasi.

1. Truk alami kecelakaan di jalan sepi

5 Meninggal Dunia, Begini Kronologis Kecelakaan Maut Peziarah di KBBKendaraan Truk Mitsubishi Colt Diesel Terguling di Saguling, Bandung Barat. (Bangkit Rizki)

Awalnya kendaraan angkutan barang itu melaju mulus. Namun, setibanya di Tempat Kejadian Perkara (TKP), tepatnya di Kampung Saleos, Desa Saguling, kendaraan yang mengangkut rombongan peziarah mengalami kecelakaan tunggal.

Truk tersebut terguling beberapa kali hingga penumpangnya terpental di jalan yang menurun, rusak dan gelap karena minimnya penerangan. Para korban yang meninggal dunia dan luka-luka langsung dievakuasi ke rumah sakit dan klinik terdekat.

"Di TKP tiba-tiba kendaraan lepas kendali. Kalau diihat kondisi jalan menurun, rusak. Kemudian kendaraan gak bisa dikendalikan, kemudian terguling sehingga mengakibatkan ada korban," ujar Sudirianto.

2. Polisi selidiki penyebab kecelakaan

5 Meninggal Dunia, Begini Kronologis Kecelakaan Maut Peziarah di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk penyebab kecelakaan maut tersebut, kata Sudirianto, Unit Laka Lantas bersama Polda Jabar terus melakukan penyelidikan. Pihaknya masih melakukan olah TKP lanjutan untuk mengetahui penyebab pastinya.

"Dugaan penyebab masih dalam penyelidikan oleh Unit Laka dibantu Polsek Batujajar," tandasnya.

3. Lima orang meninggal dunia dan belasan lainnya terluka

5 Meninggal Dunia, Begini Kronologis Kecelakaan Maut Peziarah di KBB(IDNTimes/Aditya S)

Kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Saguling sekitar pukul 00.30, Jumat(26/1/2024) mengakibatkan lima orang meninggal dunia. Selain itu, belasan penumpang lainnya dikabarkan mengalami luka-luka.

Seperti diketahui, korban merupakan warga asal Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat yang baru saja pulang dari xiarah di Kabupaten Cianjur.

Dalam perjalan pulang dini hari tadi, truk dengan nomor polisi D-8304-WY ini terbalik di Jalan Saguling, Desa/Kecamatan Saguling, KBB.

Baca Juga: Kendaraan Rombongan Peziarah Terguling di Saguling, 5 Orang Meninggal

Baca Juga: KPU KBB Siapkan Strategi Antisipasi Kematian Petugas KPPS

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya