30 Ton Beras Disebar di Kota Cimahi, Berapa Harganya?

Harga beras di Kota Cimahi masih tinggi

Cimahi, IDN Times - Beras yang dijual dengan harga murah-meriah disebar di Kota Cimahi, Jawa Barat. Beras dengan kualitas medium itu dijual kepada masyarakat dengan harga Rp10.600 per kilogram, jauh di bawah harga pasaran yang sedang tinggi.

Beras harga murah itu disebar dalam acara operasi pasar murah yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bersama Perum Bulog dan Bank Indonesia. Ada 30 ton beras yang disebar di 15 kelurahan di Kota Cimahi untuk menjaga stabilitas harga.

"Totalnya 30 ton dan setiap kelurahan mendapatkan 400 pak. Harga yang kami sampaikan tetap sama dengan di Bulog per kilogramnya Rp10.600," kata Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi di Cimahi Techno Park, Selasa (27/2/2024).

1. Beras murah disebar ke setiap kelurahan

30 Ton Beras Disebar di Kota Cimahi, Berapa Harganya?(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dicky mengatakan, beras murah disebar untuk menjaga stabilitas harga yang masih tinggi di pasaran. Mereka sudah menyiapkan strategi agar pada proses pembagian beras murah ini tidak terjadi antrean.

Dimana sebelumnya pihaknya sudah melakukan pendataan bagi masyarakat yang berhak membeli beras seharga Rp10.600 per kilogram atau Rp53 ribu per karung berisi 5 kilogram ini. Jadi, masyarakat hanya tinggal mengambil di setiap kelurahan.

"Kami sudah melakukan pendatan sudah lama, jadi mekanisme pembagiannya tidak ada antrean tetapi mereka sudah mendaftar jadi tinggal ambil berasnya saja," ujar dia.

2. Beras yang disebar masih jauh dari kebutuhan

30 Ton Beras Disebar di Kota Cimahi, Berapa Harganya?(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dicky mengakui 30 ton beras kualitas medium yang dijual murah ini masih jauh untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Cimahi. Namun Pemkot Cimahi berencana ke depannya operasi beras murah ini dilakukan secara rutin setiap bulan.

"Memang ini jauh dari kebutuhan yang ada, tetapi kami merasa apa yang kami lakukan sebagai bentuk kepedulian dan kami akan melalukan operasi pasar murah apalagi jelang Ramadan. Kami akan usahakan dengan Bulog untuk nanti kami lakukan, tidak hanya situasional tapi rutin setiap bulan," kata Dicky.

3. Warga masih beli beras dengan harga mahal

30 Ton Beras Disebar di Kota Cimahi, Berapa Harganya?(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu, Rahmat (75 tahun), salah seorang warga Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan mengatakan harga beras saat ini masih tinggi. Harga kebutuhan pokok utama saat ini tentunya sangat memberatkan baginya.

"Sekarang saya masih beli Rp17 ribu per kilogram, sekali beli 10 kilogram. Sekarang ada yang murah, alhamdulillah. Mudah-mudahan ada terus harga murah kayak gini," ujarnya.

Baca Juga: Pria yang Bogem Kekasihnya di Kota Cimahi Ditangkap Polisi

Baca Juga: Warga Cimahi Rela Sewa Angkot Demi Dapatkan Beras Murah 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya