3 Titik di KBB Ini Rawan Macet Saat Mudik Lebaran

Polisi siapkan strategi jitu atasi kemacetan

Cimahi, IDN Times - Jelang mudik lebaran 2024, Polres Cimahi sudah melakukan pemetaan titik rawan kemacetan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Strategi untuk mengurai kemacetan pun sudah disiapkan baik oleh polisi maupun Dinas Perhubungan KBB.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan, ia sudah menyiapkan Satgas Preemtif dan Satgas Preventif hingga tim urai untuk mengatisipasi kemacetan hingga tindakan kriminal yang terjadi sepanjang musim mudik hingga arus balik lebaran serta liburan di wilayah hukum Polres Cimahi.

"Ada Satgas preemtif dan preventif. Jadi, preventif itu ada di dalamnya misalnya, pengaturan, pengawalan dan sebagainya.
Kami juga punya tim urai menggunakan motor. Difokuskan ini di daerah yang antreannya padat," kata Aldi usai apel pasukan di Mapolres Cimahi, Rabu (3/4/2024).

Dia mengatakan, sebanyak 1.321 pasukan gabungan dikerahkan untuk mengamankan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah dan libur lebaran di wilayah Kota Cimahi dan KBB. Khusus personel kepolisian akan dilengkapi dengan senjata api. Mereka akan disiagakan di jalur mudik dan wisata di wilayah hukum Polres Cimahi.

"Hari ini pasukan gabungan, TNI-POLRI semuanya ada Dishub, Satpol PP. Kemudian, relawan semuanya lebih kurang 1.321 personel. Untuk Polres sendiri 924 personel," kata Aldi.

1. Jalan Raya Cipatat

3 Titik di KBB Ini Rawan Macet Saat Mudik Lebaran(Bangkit Rizki/IDN Times)

Berikut titik-titik yang menjadi rawan kemacetan saat arus mudik lebaran di Bandung Barat:

1. Ruas Jalan Cipatat

Titik rawan kemacetan di wilayah KBB saat arus mudik itu yakni ruas Jalan Cipatat. Penyebabnya di antaranya karena adanya pasar tumpah di Rajamandala yang kerap menjadi penyumbat arus lalu lintas, khususnya saat muduk lebaran.

"Kalau pasar tumpah dan persimpangan ini menjadi target utama. Misalnya di Cipatat, nanti mitigasinya jam 05.00 WIB anggota sudah masuk di situ," kata Aldi.

Selain pasar tumpah, adanya truk dengan tonase besar juga jadi penyebab lainnya yang membuat Jalan Cipatat kerap mengalami kemacetan. Aldi mengatakan, untuk mitigasinya aparat sudah membuat surat kepada para pelaku usaha agar mobil truk tidak beroperasi mulai tanggal 4 April 2024 supaya nantinya bisa mengurangi risiko kemacetan bagi para pemudik.

"Kemudian di sana juga banyak truk-truk yang melintas dan terdapat pasar tumpah," ucapnya.

2. Pasar Tagog Padalarang

3 Titik di KBB Ini Rawan Macet Saat Mudik Lebaran(Bangkit Rizki/IDN Times)

Selain di Jalan Cipatat, Pasar Tagog Padalarang juga memiliki potensi kemacetan, karena ada beberapa pasar yang jadi perhatian saat arus mudik dan harus dilakukan penebalan personel.

Untuk mengurai kemacetan, aparat telah membentuk Satgas Preemtif dan Preventif yang akan melakukan pengaturan, pengawalan, dan ada tim urai menggunakan motor untuk ditempatkan di daerah yang antreannya padat.

"Kami sifatnya stand by di Pospam, jadi tidak ada yang pulang ke rumah. Jadi, personel hanya istirahat di situ untuk melayani masyarakat dari pagi, siang dan malam hingga pagi," kata Aldi.

3. Jembatan BBS

3 Titik di KBB Ini Rawan Macet Saat Mudik Lebaran(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dinas Perhubungan KBB juga sudah memetakan titik-titik yang berpotensi mengalami kemacetan saat mudik lebaran yakni Jembatan BBS yang berada di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Penyebabnya, jalur tersebut kini menjadi akses menuju Gerbang Tol Soroja.

"Sekarang Jembatan BBS menunu Tol Soroja tadi titik krusial. Selain di kawasan Simpang Padalarang, Lembang dan Rajamandala. Kami sudah siapkan antisipasi bersama stakeholder terkait," ujar Kepala Dinas Perhubungan KBB Fauzan Azima.

Baca Juga: Polisi Bersenjata Kawal Mudik Lebaran 2024 di Cimahi dan KBB

Baca Juga: Kasus Terus Meningkat, 12 Warga KBB Meninggal Dunia Akibat DBD

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya