3 Partai Sepakat Usung Sekda Kota Cimahi di Pilkada 2024

Tiga partai itu deklarasi berkoalisi di Pilkada Cimahi 2024

Cimahi, IDN Times - Tiga partai politik di Kota Cimahi, Jawa Barat sepakat membangun Koalisi Cimahi Bersatu di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mereka rencananya akan mengusung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan sebagai bakal calon wali kota.

Ketiga partai tersebut adalah Partai Demokrat yang memiliki 6 kursi di DPRD Kota Cimahi, Partai NasDem 5 kursi dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 kursi. Totalnya ketiga partai itu memiliki 12 kursi sehingga lebih dari cukup untuk mengusung pasangan calon di Pilkada 2024.

Ketua DPD NasDem Kota Cimahi, Enang Sahri Lukmansyah mengatakan, koalisi yang terbentuk ini merupakan buah dari tercipta komunikasi yang intensif. Pihaknya sepakat untuk mendukung dan mengusung Sekda Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan.

"Rekam jejak pak Dikdi sebagai seorang birokrat sudah diketahui oleh masyarakat Kota Cimahi, ini yang membuat kami mengusung yang bersangkutan," kata Enang saat dikonfirmasi, Jumat (21/6/2024).

Dikatakan Enang, Dikdik adalah figur yang tepat untuk memimpin Cimahi periode 2024-2029. Sebab sosoknya besar di Kota Cimahi hingga pernah ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi. Sehingga masyarakat Kota Cimahi sudah tahu sepak terjangnya.

1. Demokrat Cimahi sampaikan ke DPD dan DPP untuk usung Dikdik

3 Partai Sepakat Usung Sekda Kota Cimahi di Pilkada 2024Ilustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cimahi Agung Budi Santoso mengaku pihaknya dalam waktu yang cukup panjang telah melakukan rapat internal partai dalam pengusungan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi 2024-2029.

"Kami sudah memutuskan untuk mengusung Pak Dikdik S Nugrahawan sebagai bakal calon wali kota Cimahi," ucap Agung.

Menurut Agung, pihaknya sudah menyampaikan keputusan dari DPC Partai Demokrat Kota Cimahi kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) .

"Dari Demokrat semua sudah mengerucut kepada Pak Dikdik S Nugrahawan sebagai bakal calon wali kota," kata Agung.

2. Tujuan koalisi usung Sekda Cimahi

3 Partai Sepakat Usung Sekda Kota Cimahi di Pilkada 2024(Dok/Istimewa)

Agung melanjutkan, tujuan koalisi yang sudah dibentuk tiga partai politik pengisi kursi DPRD Kota Cimahi dilakukan untuk menciptakan Kota Cimahi yang lebih baik lagi. Dia berharap partai politik akan mengedepankan semangat kebersamaan dan komunikasi politik yang mencerminkan niat tulus untuk berkoalisi.

"Bahwa tujuan koalisi ini adalah untuk menciptakan Cimahi yang lebih baik dan sejahtera, dengan sepakat mengusung H. Dikdik Suratno Nugrahawan, Semoga deklarasi ini membawa dampak positif bagi masyarakat Cimahi," kata dia.

3. Belum tentukan nama calon wakil

3 Partai Sepakat Usung Sekda Kota Cimahi di Pilkada 2024Ilustrasi kampanye politik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua DPC PPP Kota Cimahi Agus Solihin, menganggap Koalisi Cimahi Bersatu sebagai sejarah baru. Sebab, dengan keberanian koalisi Cimahi Bersatu menjadi yang pertama mendeklarasikan calon untuk Pilkada 2024 di Kota Cimahi.

"Saya berharap langkah ini menjadi solusi terbaik untuk pembangunan Kota Cimahi," ujarnya.

Dijelaskannya, setelah deklarasi koalisi, nantinya akan ditentukan siapa nama yang akan mendampingi Dikdik sebagai bakal calon wakil wali kota. "Meskipun kami sudah melakukan deklarasi, tetapi masih membuka kepada partai lain untuk bergabung di Koalisi Cimahi Bersatu," tandasnya.

Baca Juga: Polisi Antisipasi Isu Hoax dan SARA Jelang Pilkada Cimahi-KBB 2024

Baca Juga: Pasangan Independen Pilkada Cimahi Gagal di Verifikasi Awal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya