26 Ribu Penumpang Naik Whoosh saat Libur Lebaran, Ini Jam Favoritnya

Penumpang naik 30 persen saat lebaran

Bandung Barat, IDN Times - Kereta Cepat Whoosh relasi Stasiun Halim, Jakarta menuju Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat kebanjiran penumpang saat lebaran 2024. Terjadi peningkatan penumpang saat hari pertama dan kedua Idulfitri 1445 Hijriah.

Peningkatan sangat terlihat sejak Rabu (10/4/2024) siang dan Kamis (11/4/2024).
Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, banyak penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan Whoosh setelah melaksanakan salat Idulfitri
untuk bersilaturahmi keluarga ataupun wisata dan berlibur ke Bandung Raya dan sebaliknya.

"Jam dan rute favorit yaitu Keberangkatan Halim hari ini Kamis 11 April 2024, keberangkatan mulai pukul 07.55 WIB, 08.20 WIB, sampai 12.00 WIB terus dipadati penumpang," kata Eva di Padalarang, Jumat (12/4/2024).

1. 80 persen berangkat saat jam favorit

26 Ribu Penumpang Naik Whoosh saat Libur Lebaran, Ini Jam Favoritnya(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan okupansi pada jam favorit tersebut mencapai 80 sampai 95 persen.
Adapun pada hari lebaran Kereta Cepat Whoosh memberangkatkan sebanyak 26 ribu penumpang. Jumlah ini naik sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan masa normal sebelum angkutan lebaran.

Menurut Eva, volume penumpang tersebut masih akan bertambah karena penjualan saat ini masih berlangsung secara online maupun offline. Terlihat Kepadatan terus terjadi di loket dan mesin pembelian tiket untuk reservasi dan pembelian go show.

"Penjualan tanggal 12 April juga sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana pada jam jam favorit sudah menunjukan angka 85 persen," ujar Eva.

2. Penumpang dilarang bawa hewan

26 Ribu Penumpang Naik Whoosh saat Libur Lebaran, Ini Jam Favoritnya(Bangkit Rizki/IDN Times)

Pada pelayanan mudik lebaran tahun ini, lanjut Eva, pihaknya melakukan penambahan perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 menjadi 52 perjalanan per hari. Sehingga
penumpang mendapatkan banyak alternatif perjalanan Whoosh yang dapat mereka pilih sesuai kebutuhannya.

"Jarak antar jadwal atau headway Whoosh di jam sibuk mencapai 25 sampai 30 menit sehingga membuat penumpang mendapatkan fleksibilitas yang tinggi," ucap Eva.

KCIC juga mengimbau kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan terkait barang bawaannya agar kenyamanan seluruh penumpang dapat terjaga. Setiap penumpang hanya dapat membawa bagasi sebanyak 3 barang dengan dimensi maksimal yaitu 100cm x 30cm x 40cm dengan berat total maksimum 20kg. Adapun 3 barang tersebut dapat berupa 2 koper atau dus dan 1 ransel atas tas tangan.

"Penumpang juga dilarang membawa Hewan, Narkotika, senjata api dan tajam, Barang mudah terbakar, barang berbau tajam, dan Barang yang tidak diperbolehkan petugas dan peraturan perundang-undangan," kata dia.

3. Penumpanh dominan turun di Stasiun Padalarang

26 Ribu Penumpang Naik Whoosh saat Libur Lebaran, Ini Jam Favoritnya(Bangkit Rizki/IDN Times)

Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti sebelumnya mengatakan, dari penumpang yang sudah tercatat menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada arus mudik lebaran ini didominasi dari Jakarta menuju Bandung. Mayoritas turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan menggunakan Kereta Api Feeder serta transportasi lainnya.

"Memang hampir 60-70 persen penumpang harian datang dari arah Jakarta menuju Bandung. Sebaliknya hanya 30 persen saja dan mayoritas turun di Padalarang," kata Emir.

Untuk harga tiket lebaran tahun ini, terang Emir, dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti jam sibuk (peak hour) atau jam non sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan.

Untuk harga tiket first class Rp.600.000, business class Rp450.000 dan premium economy class Rp250.000-Rp300.000. Sebagai operator dari kereta cepat, Whoosh menerapkan skema tarif dinamis atau dynamic pricing untuk seluruh perjalanannya.

"Harga tiket kami menerapkan tarif dynamic pricing atau menyesuaikan berdasarkan jam, hari dan sebagainya," ucap Emir.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Terlewati, 250 Ribu Sepeda Motor Melintas di KBB

Baca Juga: Mudik Lebaran, Stasiun Padalarang Bakal Diserbu 20 Ribu Pemudik Whoosh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya