1.181 Calon Jemaah Haji Asal KBB Diberangkatkan Tahun ini

Calon haji asal KBB diberangkatkan 3 kloter

Bandung Barat, IDN Times - Jemaah haji reguler asal Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat yang akan diberangkatkan tahun ini mencapai 1.181 orang. Para jemaah haji yang akan ditemani 21 petugas itu akan diberangkatkan dalam dua gelombang dan tiga kelompok terbang atau kloter

"Total jamaah dan petugas 1.202 orang. Mereka dibagi tiga kloter dengan dua gelombang pemberangkatan. Semuanya diberangkatkan dari Pusdikkav Padalarang," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat, Enjah Sugiarto saat dihubungi, Senin (6/5/2024).

1. Calon jemaah haji asal KBB didampingi 21 petugas

1.181 Calon Jemaah Haji Asal KBB Diberangkatkan Tahun iniCalon jemaah haji dari Kabupaten Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Untuk gelombang pertama yang berjumlah 432 calon jemaah haji plus 8 petugas akan berangkat bersama kloter 10. Mereka akan diberangkatkan dari Asrama Pusdikkav menuju Asrama Bekasi pada 15 Mei mendatang, sebelum diterbangkan ke Mekkah pada 16 Mei 2024.

Sedangkan gelombang kedua ada dua kloter jemaah haji asal Bandung Barat yang akan diberangkatkan. Yakni kloter 46 sebanyak 432 orang beserta 8 petugas, dan kloter 54 calon jemaah haji sebanyak 317 orang plus 5 petugas haji.

"Yang kloter 46 berangkat dari Pusdikkav itu tanggal 31 Mei 2024 dan kloter 54 berangkatnya 4 Juni 2024," ucap Enjah.

2. Calon jemaah haji diminta jaga kebugaran

1.181 Calon Jemaah Haji Asal KBB Diberangkatkan Tahun inipexels.com/@ketut-subiyanto

Kantor Kemenag Bandung Barat mencatat dari ribuan jamaah yang berangkat ke tanah suci terdapat jamaah paling muda berusia 18 tahun bernama Padli Abdullah Zaki asal Kecamatan Cipongkor. Sedangkan jemaah haji paling tua tercatat berusia 94 tahun atas nama Iman Rakiman, asal Kecamatan Parongpong.

Enjah meminta semua calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini untuk tetap menjaga kebugaran. Dari mulai melakukan olahraga ringan dan sebagainya supaya kesehatannya tetap terjaga.

"Kepada calon jemaah haji agar tetap menjaga kebugaran tubuh sebelum berangkat ke tanah suci. Untuk kalangan lansia, misal, disarankan melakukan olahraga ringan tiap pagi seperti berjalan kaki," ujarnya.

3. Waspada cuaca ekstrem

1.181 Calon Jemaah Haji Asal KBB Diberangkatkan Tahun iniPinterest

Selain itu, para jamaah haji juga mempersiapkan diri terkait potensi cuaca ekstrem dan perbedaan suhu antara Indonesia dan Arab Saudi. Misalnya, dengan cara memperbanyak minum dan mengatur pola makan sehat.

"Dalam menghadapi cuaca ekstrim, kita imbau para jamaah banyak minum air putih, menjaga kesehatan dan pola makan, memperbanyak istirahat, dan bisa mengendalikan diri untuk membatasi kegiatan-kegiatan yang tidak perlu dilakukan di sana," katanya.

Baca Juga: 30 Rumah dan Masjid di KBB Rusak Disapu Angi Puting Beliung

Baca Juga: Peluang Pertarungan Asep Eks Sekda Vs Asep Eks BKPSDM di Pilkada KBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya