Waspada! Muka Air Waduk Saguling di KBB Mendekati Batas Tertinggi

Jika mencapai batas tertinggi, pintu air bakal dibuka

Bandung Barat, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung Raya akhir-akhir ini mengakibatkan debit air di Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendekati batas tertinggi muka air.

Jika debit air menyentuh batas tertinggi yakni 643,80 mdpl, sesuai standar operasional PLTA, pintu spillway nomer III waduk Saguling akan dibuka setinggi 1 meter.

1. Warga di bantaran Sungai Citarum lama diminta waspada

Waspada! Muka Air Waduk Saguling di KBB Mendekati Batas TertinggiInstagram/tofa_ibrahim76

Humas PT Indonesia Power Saguling, Agus Suryana mengatakan, per Kamis (9/4) siang, tinggi muka air sudah mencapai 642,53 mdpl. Melalui surat edaran, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang berada di bantaran sungai agar waspada jika debit air menyentuh batas tertinggi.

"Sementara ini masih aman. Imbauan ini agar masyarakat yang beraktivitas sekitar dam saguling hingga waduk Cirata agar meningkatkan kewaspadaannya," ungkap Agus saat dihubungi, Kamis (9/4).

2. Jika capai batas tertinggi, pintu air akan dibuka

Waspada! Muka Air Waduk Saguling di KBB Mendekati Batas TertinggiInstagram/febbypebriansyah

Pintu limpasan waduk Saguling akan dibuka jika tinggi muka air mencapai titik tertinggi. Pada saat pembukaan pintu limpasan, air akan mengalir ke sungai Citarum Lama yang selama ini kondisinya kering. Maka, warga yang bermukim di bantaran Citarum Lama untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Apabila terjadi limpasan, masyarakat sekitar kaget, karena biasanya kering. Dengan adanya hal ini masyarakat tidak kaget dan paham. Secara prinsip ini tidak membahayakan," kata Agus.

3. Sirene akan berbunyi sebagai penanda debit air naik

Waspada! Muka Air Waduk Saguling di KBB Mendekati Batas TertinggiInstagram/endangnugraha3552

Agus memastikan, PT Indonesia Power telah menyiapkan sistem peringatan dini untuk mengatasi kondisi-kondisi darurat. Sebelum membuka pintu spillway, akan ada peringatan berupa sirene.

"Di lapangan kita juga menerapkan sistem peringatan dini. Seperti sirene dan imabaun menggunakan toa. Sekarang masih aman karena ada jarak sekitar 50 cm lagi ke titik puncak tertinggi muka air," ujarnya.

4. Pemantauan kenaikan debit air diperketat

Waspada! Muka Air Waduk Saguling di KBB Mendekati Batas Tertinggiinstagram.com/ananghappe

Agus menegaskan, imbauan itu merupakan langkah preventif yang ia lakukan. Seiring dengan intensitas hujan Bandung Raya tinggi, PT Indonesia Power bakal meningkatkan pengawasan meningkatnya debit air.

"Kami selalu berkoordinasi dengan BBWS Citarum untuk memantau kondisi aliran sungai Citarum demi keamanan dan kewaspadaan masyarakat yang ada di daerah aliran sungai Citarum," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya