Waspada Klaster, Pemda KBB Lakukan Tracing Aa Gym di Eco Pesantren

Kontak erat ditelusuri di Eco Pesanatren Daarut Tauhid

Bandung Barat, IDN Times - Sejumlah tenaga medis diterjunkan ke Eco Pesantren Daarut Tauhid di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pasca pendakwah kondang sekaligus pimpinan pondok pesantren Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dinyatakan positif COVID-19.

Tenaga medis yang diterjunkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 KBB itu dimaksudkan untuk melakukan tracing kontak erat di lingkungan pesantren tersebut.

1. Tim medis dari Puskesmas Ciwaruga diterjunkan

Waspada Klaster, Pemda KBB Lakukan Tracing Aa Gym di Eco PesantrenIlustrasi tenaga medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Juru Bicara GTPP COVID-19 KBB Agus Ganjar Hidayat mengatakan, setelah mendapatkan informasi Aa Gym positif COVID-19, pihaknya langsung mengambil sikap pencegahan adanya klaster pesantren.

"Informasi yang diterima kabarnya Aa Gym positif COVID-19. Soal tracing ke Eco Pesantren yang ada di Parongpong, kami melalui Dinkes telah menurunkan tim medis dari puskesmas Ciwaruga melalukan tracing ke lingkup pesantren," ujar Agus saat ditemui, Selasa (28/12/2020).

2. Kontak erat akan di tes COVID

Waspada Klaster, Pemda KBB Lakukan Tracing Aa Gym di Eco PesantrenIlustrasi (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Saat ini, petugas medis dari puskesmas terdekat Eco Pesantren Daarut Tauhid tengah melakukan tracking. Tracking yang dilakukan itu untuk mencari kontak erat Aa Gym di Eco Pesantren. Setelah ditemukan kontak erat maka petigas medis akan melakukan rapid test kepada kontak erat.

"Apabila didapatkan siapa kontak eratnya, langsung melakukan testing rapid test. Kalau ada yang reaktif ditindaklanjuti dengan swab tes. Mudah-mudahan tidak ada yang positif," kata Agus.

3. Jika ada yang positif COVID-19 maka disarankan untuk isolasi mandiri

Waspada Klaster, Pemda KBB Lakukan Tracing Aa Gym di Eco PesantrenIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Agus menyampaikan, jika setelah dilakukan tes ditemukan santri atau pegawai Eco Pesantren yang terpapar COVID-19, maka akan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri.

"Kalau ada (yang positif) akan isolasi mandiri. Tapi kita yakin kalau pihak pesantren juga sudah dan selalu menerapkan prokes dengan ketat termasuk soal isolasi mandiri usai kabar Aa Gym positif," terangnya.

4. Aa Gym kabarkan dirinya positif melalu kanal Youtube

Waspada Klaster, Pemda KBB Lakukan Tracing Aa Gym di Eco PesantrenAbdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Sebelumnya, Aa Gym menyampaikan bahwa dirinya terkonfirmasi positif COVID-19 melalui kanal YouTube pribadinya, Selasa (29/12/2020). Aa Gym juga meminta kepada siapapun yang merasa pernah kontak langsung dengannya untuk melakukan swab test PCR.

"Alhamdulillah setelah di swab test kemarin ternyata hasilnya positif. Alhamdulillah berarti harus karantina," ucap Aa Gym.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya