Wali Kota Cimahi Minta 600 ribu Vaksin COVID-19 untuk Warganya

Jatah vaksin COVID-19 belum pasti, Pemkot masih kelimpungan

Cimahi, IDN Times - Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna menginginkan vaksin COVID-19 tersedia untuk 600 ribu warga Kota Cimahi. Jumlah itu setara dengan jumlah warga Kota Cimahi secara umum.

Meski demikian, pemerintah pusat belum juga memastikan jatah vaksin di masing-masing daerah. Ajay berharap, seluruh warganya bisa mendapat jatah vaksin agar aktivitas masyarakat dan perputaran ekonomi bisa kembali normal.

"Kalau bisa, kita minta 600 ribu vaksin sesuai jumlah penduduk saja," kata Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna, Kamis (22/10/2020).

1. Pemkot belum dapat perintah apapun terkait vaksin

Wali Kota Cimahi Minta 600 ribu Vaksin COVID-19 untuk WarganyaWali Kota Cimahi, Ajay M Priatna. (IDN Times/Bagus F)

Disinggung terkait persiapan data penerima vaksin, Pemkot Cimahi masih kelimpungan memetakan jatah untuk warga. Pasalnya, baik perintah pusat maupun provinsi belum memberikan instruksi maupun maklumat terkait kebijakan vaksin.

"Kami terus berkoordinasi segala sesuatunya tentang vaksin tersebut, soalnya kita juga perlu kepastian berapa kuota yang akan didapat," sebut Ajay.

"Yang jelas, saat ini belum ada petunjuk teknis pelaksanaan dari pusat, kalau di sana (pusat) siap, tentu kami siap melaksanakan," tambahnya.

2. Paling cepat bulan Desember bisa mulai

Wali Kota Cimahi Minta 600 ribu Vaksin COVID-19 untuk WarganyaIlustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Cimahi melalui Dinas Kesehatan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar mengenai persediaan vaksinasi covid-19.

Berdasarkan informasi, vaksin Covid-19 akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19. Kemudian menyasar petugas lapangan seperti Satpol PP, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya.

"Menurut kabar, kemungkinan paling cepat dilaksanakan bulan Desember mendatang," ujar Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini.

3. Tren kasus COVID-19 di Cimahi menurun

Wali Kota Cimahi Minta 600 ribu Vaksin COVID-19 untuk WarganyaSuasana Pandemik COVID-19 di Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Rini menyebutkan, tren kasus COVID-19 di Kota Cimahi belum juga menurun. Tercatat masih ada 120 orang warga yang terkonfirmasi positif, dari total keseluruhan jumlah kasus yang mencapai 505 orang. Sebanyak 367 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh serta 18 orang meninggal dunia.

"Sebelum ada vaksin, kami imbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan, selalu menggunakan masker," ucapnya.

4. Tenaga kesehatan sudah dilatih untuk suntik vaksin

Wali Kota Cimahi Minta 600 ribu Vaksin COVID-19 untuk WarganyaIlustrasi tenaga kesehatan. (IDN Times/Bagus F)

Rini menyampaikan, Dinkes Cimahi saat ini mulai ancang-ancang menyiapkan SDM kesehatan sebelum datangnya vaksin. Kesiapan itu demi memastikan agar ketika nanti vaksin diterima, mereka sudah siap bertugas.

"Tenaga kesehatan kita sudah mulai dilatih oleh pemerintah provinsi. Jadi kalau vaksinnya sudah siap, tenaga kesehatan kita juga sudah siap," tandasnya.

Baca Juga: Khusus Warga Depok, Ridwan Kamil Minta 300 Ribu Vaksin COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya