[UPDATE] Tim SAR Kembali Temukan Korban Longsor Sumedang 

Diduga jenazah berasal dari tenda hajat

Sumedang, IDN Times - Tim SAR gabungan kembali menemukan korban yang tertimbun longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Kali ini, tim SAR berhasil menemukan dua korban sekaligus di lokasi yang sebelumnya diduga menjadi titik menumpuknya korban.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah mengatakan, dua korban itu ditemukan berdekatan. Dua korban terakhir yang ditemukan ini diketahui adalah seorang laki-laki dan seorang perempuan dewasa.

"Hari ini hari kelima, total korban yang ditemukan 3 orang. Sehingga hingga hari kelima ini total keseluruhan sudah 19 orang korban ditemukan. Mulai dari pagi satu korban laki-laki dan sore satu laki-laki dan satu perempuan," ungkap Deden saat ditemui di lokasi longsor, Rabu (13/1/2021).

1. Dua korban ditemukan di lokasi hajat

[UPDATE] Tim SAR Kembali Temukan Korban Longsor Sumedang IDN Times/SAR Bandung

Deden menjelaskan, dua korban terakhir ini ditemukan hampir bersamaan. Lokasi mereka berada di Sektor 1 atau lokasi rumah hajatan warga. Sementara korban laki-laki yang ditemukan sebelumnya berada di Sektor 2 atau sekitar Masjid An-Nur.

"Kalau yang dua ini ditemukan berdekatan, mudah-mudahan ada banyak di sektor 1 ini, yang memang tujuan kami," papar Deden.

2. Diduga ada banyak janazah di tenda hajat

[UPDATE] Tim SAR Kembali Temukan Korban Longsor Sumedang Petugas mengevakuasi korban longsor Sumedang. (Dok. Tim SAR Bandung)

Deden menduga, masih ada banyak jenazah menumpuk di area hajatan warga. Pasalnya, saksi mata menyebutkan bahwa saat kejadian longsor ada banyak warga yang tengah menyiapkan pesta pernikahan untuk esok hari.

"Harapan kami ada banyak (jenazah) di situ. Karena di situ akhir dari lemparan longsoran banyak ditemukan korban yang masih dalam pencarian ini. Mudah-mudahan harapan kami korban bisa semuanya ditemukan," kata Deden.

3. Terkendala kontur tanah gembur

[UPDATE] Tim SAR Kembali Temukan Korban Longsor Sumedang Petugas melakukan evakuasi di longsor Sumedang. (Dok. Tim SAR Bandung)

Sementara ini, petugas akan melakukan menitik beratkan evakuasi di area sektor 1 atau area rumah hajatan. Satu per satu puing-puing di area tersebut mulai disingkirkan. Bau menyengat pun mulai menusuk indra penciuman.

"Indikasinya ada (banyak korban) cuma karena memang kondisi kontur tanah seperti bubur sehingga menyulitkan evakuasi, kita harus hati-hati," ujar Deden.

4. 21 korban diduga masih tertimbun

[UPDATE] Tim SAR Kembali Temukan Korban Longsor Sumedang Data korban longsor Sumedang. (IDN Times/Bagus F)

Deden menyampaikan, dua korban terakhir langsung diboyong ke Puskesmas Sawah Dadap untuk diidentifikasi lebih lanjut. Dengan ditemukannya dua korban terakhir ini, tim SAR gabungan menyatakan korban sudah 19 orang ditemukan meninggal dunia.

"Dugaannya 21 korban masih tertimbun di lokasi. Mudah-mudahan cuaca mendukung sehingga pencarian bisa terus berjalan," pungkasnya.

Baca Juga: Tim SAR Temukan Satu Korban Longsor di Sumedang, Total 17 Meninggal

Baca Juga: Longsor Sumedang Timbun Tenda Hajat, Diduga Banyak Korban Belum Terdata

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya