[UPDATE] Kasad Sebut 990 Personel Secapa AD Sembuh dari COVID-19

Sebagian personel yang sembuh menjalani pendidikan lanjutan

Cimahi, IDN Times - Prajurit dan personel TNI AD yang sembuh dari COVID-19 terus bertambah. Berdasarkan data per Selasa(28/7/2020), sebanyak 990 personel Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat dinyatakan sembuh dari COVID-19. Ratusan personel tersebut dinyatakan negatif setelah menjalani tes usap atau swab test terbaru.

Bahkan, para calon perwira AD yang sudah dinyatakan sembuh itu, sebagian sudah menjalankan aktivitas pendidikan. Meski belum semua membaik, siswa di Secapa AD sudah dalam kondisi bugar.

1. 318 personel masih positif

[UPDATE] Kasad Sebut 990 Personel Secapa AD Sembuh dari COVID-19Kunjungan KSAD ke kampus UNJANI Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, per hari Selasa (28/7), personel di Secapa AD Bandung yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 tersisa 318 personel.

"Perkembangan Secapa sudah bagus. Dari 1.308 personel positif, itu tinggal 318 personel per hari ini. Berarti selebihnya sudah negatif," ungkap Andika saat ditemui di Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Cimahi, Selasa (28/7/2020) sore.

2. Sisa personel yang masih positif kini diisolasi di Secapa AD

[UPDATE] Kasad Sebut 990 Personel Secapa AD Sembuh dari COVID-19Dok.IDN Times/Istimewa

Andika menyampaikan, 318 personel yang belum sembuh itu kini berada di ruang isolasi di Secapa AD. Kondisi fisik ratusan personel yang positif COVID-19 itu dipastikan dalam kondisi baik atau tanpa gejala. Dia berharap kabar baik itu terus berlangsung sampai seluruh personel sembuh.

"Dari 318 itu juga gak ada lagi yang dirawat di rumah sakit. Semuanya ada di Secapa AD. Tapi sebetulnya sudah tidak merasa apa-apa dan pemberian obat masih terus dilanjutkan," jelasnya.

3. 457 personel sudah aktif melanjutkan pendidikan

[UPDATE] Kasad Sebut 990 Personel Secapa AD Sembuh dari COVID-19Secapa AD (secapaad.mil.id)

Andika menuturkan, dari 990 personel yang sudah dinyatakan sembuh, sebanyak 457 personel sudah aktif kembali menjalani pendidikan lanjutan. Para personel yang sudah aktif itu dibolehkan beraktivitas kembali berdasar hasil uji klinis terhadap para personel yang sudah sembuh.

"Tadi ada sekitar 457 yang tadinya positif itu sudah kita kirim ke Cipatat untuk melanjutkan pendidikan berikutnya," tuturnya.

4. Sisa personel yang sudah negatif COVID-19, tunggu hasil uji klinis

[UPDATE] Kasad Sebut 990 Personel Secapa AD Sembuh dari COVID-19Lingkungan Secapa AD/Secapaad.mil.id

Sisa personel sembuh yang belum dibolehkan beraktivitas itu harus menunggu hasil uji klinis. Setelah dinyatakan bersih dari virus, barulah para personel itu dibolehkan melanjutkan pendidikannya kembali.

"Mereka yang belum kita kirim ke Cipatat hanya menunggu beberapa prosedur uji klinis obat yang kita kerjasamakan antara angkatan darat, Universitas Erlangga dengan BIN. Besok masih ada tahap terakhir," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya