Underpass Sriwijaya Seharga Rp105 Miliar Rampung Dibangun di Cimahi

Ridwan Kamil minta warga menjaga infrastruktur mahal ini

Bandung Barat, IDN Times - Riuh tepuk tangan dengan sorakan bahagia warga Cimahi menjadi pertanda dibukanya Underpass Sriwijaya di Baros, Kota Cimahi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan underpass itu pada Selasa (22/2/2022).

Infrastruktur ini merupakan jembatan yang melintang sepanjang 850 meter dengan lebar 9 meter. Proyek pembangunan ini dikerjakan sejak akhir 2021 dan rampug pada Februari 2022.

1. Pembukaan dipilih pas tanggal cantik

Underpass Sriwijaya Seharga Rp105 Miliar Rampung Dibangun di CimahiIDN Times/Humas Jabar

Proyek tersebut didanai oleh APBD Provnsi Jawa Barat senilai Rp105 miliar. Anggaran itu dibantu APBD Kota Cimahi sebesar Rp1,1 miliar untuk pembebasan lahan. Sementara itu Pemkot Cimahi diberi mandat untuk mengeksekusi proyek pembangunan underpass tersebut.

Dari total bantuan sebesar Rp105 miliar itu, nilai kontrak akhir dengan pihak ketiga sebagai pemenang lelang yakni PT. Nindya Karya disepakati di angka sekitar Rp84 miliar.

"Hari ini di tanggal 22, di bulan dua, di tahun 2022 jam 02.00, ada peristiwa bersejarah. Kita meresmikan penggunaan underpass pertama di Cimahi, Underpass Sriwijaya," ujar Ridwan Kamil.

2. Emil minta warga menjaga infrastruktur

Underpass Sriwijaya Seharga Rp105 Miliar Rampung Dibangun di CimahiIDN Times/Humas Jabar

Emil sapaan akrabnya, meminta warga Cimahi menjaga infrastruktur yang sudah dibangun. Menurutnya, menjaga underpass dapat dilakukan dengan mudah, yakni cukup dengan tidak melakukan aksi vandalisme dan perusakan fasilitas publik.

"Mudah-mudahan warga Kota Cimahi bisa menerima dengan baik. Titip, ini infrastruktur yang tidak murah, maka rawat jangan sampai kotor dan semoga ekonomi semakin maju," kata Emil.

3. Underpass di Gatot Subroto bersiap dibangun

Underpass Sriwijaya Seharga Rp105 Miliar Rampung Dibangun di CimahiIDN Times/Bagus F

Setelah Underpass Sriwijaya, Pemprov Jabar juga berencana membuat Underpass Gatot Subroto yang lokasinya berdekatan. Bahkan, underpass tersebut sudah dibuatkan Detail Engineering Design (DED)-nya.

"Sedang direncanakan dulu, semua ada rencana dulu. Nanti setelah itu baru kita eksekusi," tuturnya.

4. Emil bocorkan skema wisata baru

Underpass Sriwijaya Seharga Rp105 Miliar Rampung Dibangun di CimahiIDN Times/Humas Jabar

Dalam kesempatan tersebut, Emil sempat membocorkan bahwa di Cimahi akan dibangun pusat wisata terbesar melebihi wisata Kota Bandung. Namun ia masih merahasiakan jenis wisata maupun lokasinya sampai desainnya rampung.

"Kita akan bikin pusat wisata terbesar di Cimahi bahkan di Kota Bandung, jadi nanti jangan hanya ke Lembang terus. Tempatnya masih dirahasiakan sedang dikonsepkan, ini komitmen saya dengan Pak Wali (Plt Wali Kota Cimahi)," ungkap Emil.

Baca Juga: 5 Tempat yang Dikenal Paling Angker di Cimahi, Ada Pasar Jin

Baca Juga: Urai Kemacetan, Dua Infrastruktur Baru di Kota Cimahi Rampung Digarap

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya