Tutup Karena Zona Merah, Obyek Wisata Lembang Besok Dibuka

Pengelola bersiap terima ledakan kunjungan libur lebaran

Bandung Barat, IDN Times - Setelah sepekan menutup kunjungan, pengelola obyek wisata Lembang mulai merapikan kembali fasilitasnya. Standar protokol kesehatan disiapkan menghadapi kembali dibukanya kunjungan wisata.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerbitkan kebijakan untuk menutup kunjungan wisata selama tujuh hari sejak 7 Mei sampai 14 Mei 2021 hari ini. Penutupan itu berangkat dari ditetapkannya wilayah Bandung Barat sebagai zona merah atau risiko tinggi penyebaran COVID-19.

Saat ini angka penyebaran COVID-19 Bandung Barat berangsur turun, hingga membuat mereka kini masuk dalam zona oranye. Dengan demikian, pengelola wisata memastikan kesiapan protokol kesehatan hari ini untuk menyambut kunjungan besok.

1. Dibuka per 15 Mei 2021

Tutup Karena Zona Merah, Obyek Wisata Lembang Besok DibukaIDN Times/Bagus F

Pengelola obyek wisata The Great Asia Africa Wawan Setiawan mengatakan, obyek wisata di kawasan Lembang termasuk The Great Asia Africa dipastikan mulai beroperasi kembali per tanggal 15 Mei 2021, alias besok hari.

"Kita mulai buka besok sesuai arahan pemerintah. Sebelumnya kita mematuhi kebijakan untuk tutup selama satu minggu," ujar Wawan saat ditemui, Jumat (14/5/2021).

2. Ada 400 karyawan dirumahkan selama wisata ditutup

Tutup Karena Zona Merah, Obyek Wisata Lembang Besok DibukaIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Semenjak ditutup, Wawan menyampaikan pengelola terpaksa merumahkan ratusan karyawan. Dampak buruk itu juga dirasakan puluhan pelaku usaha mikro yang menggantungkan diri di obyek wisata tersebut.

"Karyawan diberhentikan sampai 400 orang. Mudah-mudahan dengan dibukanya kembali obyek wisata, kita bisa mempekerjakan kembali karyawan yang sebelumnya sempat dirumahkan," papar Wawan.

3. TGAA siapkan wahana baru untuk sambut wisatawan libur lebaran

Tutup Karena Zona Merah, Obyek Wisata Lembang Besok Dibukainstagram.com/infojawabarat

Sebelumnya, The Great Asia Africa sudah menyiapkan sejumlah wahana baru untuk menyambut libur lebaran. Jika sebelumnya The Great Asia Africa hanya menyediakan spot foto dengan khas 7 negara di Asia dan Afrika, kini pengelola menambah satu negara sebagai spot selfie baru.

"Wisata kita menawarkan wisata outdoor dengan konsep negara-negara di dua benua, Asia dan Afrika. Kita sudah menyiapkan dengan menambah spot baru yakni negara Maroko dengan kuliner, dan spot foto khas negara tersebut," katanya.

4. Hilang kunjungan selama ditutup

Tutup Karena Zona Merah, Obyek Wisata Lembang Besok Dibukainstagram.com/dharmantodhammo

Kunjungan pada libur lebaran ini diharapkan menjadi titik awal kebangkitan ekonomi di sektor wisata. Namun, kebijakan penutupan obyek wisata mengubah skema yang direncanakan para pengelola wisata.

"Target kita memang mengejar kunjungan di libur lebaran ini. Kalau dihitung, dalam satu hari di era pandemik rata-rata ada 2.000 kunjungan. Jika 7 hari tutup artinya kita kehilangan 14 ribu pengunjung," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya