Tersulut Emosi Saat Razia, Oknum Satpol PP Bogem Sopir Truk di Cimahi

Satpol PP minta maaf telah terpancing emosi

Cimahi, IDN Times - Rekaman kamera warga menunjukkan adanya aksi pemukulan yang dilakukan oleh oknum anggota Satpol PP Kota Cimahi kepada sopir truk. Pemukulan itu diketahui dilakukan saat pelaksanaan operasi penegakan disiplin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dalam rekaman video tersebut, sopir truk dan oknum Satpol PP terlihat cekcok. Cekcok itu berujung pada bogem oknum Satpol PP yang mendarat pada tubuh seorang pengemudi truk.

1. Satpol PP minta maaf

Tersulut Emosi Saat Razia, Oknum Satpol PP Bogem Sopir Truk di CimahiIDN Times/Humas Bandung

Plh Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Ipung Mustofa membenarkan adanya aksi kurang terpuji yang dilakukan oleh anggotanya. Aksi pemukulan itu terjadi di Jalan Permana, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, kemarin.

"Terkait kasus dugaan pemukulan yang viral, Satpol PP dan Damkar Cimahi meminta maaf atas kejadian tersebut. Secara prosedural tidak dibenarkan dilakukan petugas kita," ungkap Ipung saat ditemui, Jumat (22/1/2021).

2. Anggota terpancing emosi

Tersulut Emosi Saat Razia, Oknum Satpol PP Bogem Sopir Truk di Cimahipixabay.com/ToNics-Pics

Ipung mengaku anggotanya terpancing emosi oleh pengemudi truk. Pengemudi truk yang bandel kadang kala menjadikan situasi di lapangan memanas. Namun demikian, Ipung meyakini anggotanya punya alasan atas tindakannya.

"Di lapangan kondisi sangat dinamis pasti ada pemicunya. Situasi dan kondisi yang tak terduga bisa menimbulkan emosi petugas. Bisa jadi ada perlakuan kurang pantas atau ucapan lisan dari korban sehingga pemukulan itu terjadi," paparnya.

3. Begini kronologinya

Ipung menjelaskan, aksi pemukulan itu terjadi saat Satgas COVID-19 Kota Cimahi melaksanakan patroli dan razia protokol kesehatan di tengah PPKM. Satu per satu kendaraan diperiksa, Satpol PP kemudian mendapati satu pengemudi truk tidak menggunakan masker.

"Petugas kemudian mendeteksi pelaku pelanggaran yakni sopir truk tersebut. Dia kemudian ditegur dan diminta turun. Tapi ada hal yang menimbulkan emosi petugas, katanya ada sedikit bentakan dari korban yang tidak menggunakan masker saat dia disuruh turun," terang Ipung.

"Wajar kalau anggota menegur soal masker masker. Tapi memang ada miskomunikasi. Anggota kita terpancing emosinya karena situasi sedang panas juga sampai akhirnya melakukan pemukulan," imbuhnya.

4. Hari ini Satpol PP temui korban

Tersulut Emosi Saat Razia, Oknum Satpol PP Bogem Sopir Truk di CimahiAnggota Satpol PP menunggu giliran tes urine (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Menurut Ipung, pukulan yang dilayangkan oleh anggotanya tidak sampai melukai pengemudi. Menurutnya, aksi pemukulan itu juga disaksikan oleh Polisi dan TNI yang juga ikut melaksanakan operasi penegakan disiplin.

"Kemarin kita sudah coba ke rumah mertuanya karena kebetulan dia orang Cimahi juga. Cuma enggak ada di tempat dan hari ini rencananya bertemu," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya