Tebing Lembang Longsor, Arus Lalu Lintas Terputus

Hujan terjadi sejak siang hari.

Bandung Barat, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengakibatkan terjadinya bencana longsor di sejumlah titik. Arus lalu lintas di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, KBB, terputus akibat badan jalan tertutup material longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB mencatat sedikitnya ada empat titik peristiwa longsor. Peristiwa longsor ini terjadi dalam waktu yang berdekatan pada Selasa, 2 November 2021 sore hari.

1. Lalu lintas Jalan Kolonel Masturi putus

Tebing Lembang Longsor, Arus Lalu Lintas TerputusIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan, intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tebing di tepi Jalan Kolonel Masturi mengalami longsor. Material longsor berupa tanah dan pepohonan mengurug badan jalan.

"Satu akses jalan tertutup di Imah Seniman, menutup badan jalan. Sekarang sedang proses evakuasi untuk buka jalur. Untuk sementara akses kita tutup. Belum bisa dilintasi," ujar Duddy, Selasa (2/11/2021).

2. Longsor terjadi di sejumlah titik Bandung Barat utara

Tebing Lembang Longsor, Arus Lalu Lintas TerputusIlustrasi tanah longsor. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Selain menutup akses jalan, Duddy menjelaskan, longsor juga terjadi di sejumlah titik lain. Sementara ini, longsor dilaporkan terjadi di wilayah Bandung Barat bagian utara seperti di Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua.

"Satu di Desa Cigugur Girang kemudian di Cisarua, Cikole dan Cikahuripan. Semua di wilayah Utara," kata Duddy.

3. Belum ada laporan korban jiwa

Tebing Lembang Longsor, Arus Lalu Lintas Terputus(Kendaraan terjebak kemacetan menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari kedua, jalur wisata menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan, dan kepolisian memberlakukan pengalihan arus untuk mengurai kemacetan) ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Beruntung belum ada laporan korban jiwa akibat longsor yang terjadi. Duddy mengimbau, agar pengendara menghindari akses jalur Kolonel Masturi untuk sementara waktu. Petugas sudah diterjunkan untuk mengevakuasi material longsor di jalan tersebut.

"Masuk musim hujan untuk senantiasa tingkatkan kewaspadaan terutama berdomisili di tempat rawan longsor termasuk akses ke lokasi wisata perlu kewaspadaan terutama hujan deras dan angin kencang," tutupnya.

Baca Juga: Cuaca Esok Hari 03 November 2021: Batam Hujan Ringan Pagi Hari, Hujan Ringan Sore Hari

Baca Juga: Cuaca Esok Hari 04 Oktober 2021: Kabupaten Bandung Hujan Ringan Siang Hari, Hujan Ringan Sore Hari

Baca Juga: Tanah Longsor di Kota Bandung, Dua Rumah Warga Rusak

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya