Tank Baja Lindas Motor di Cipatat KBB, Begini Penjelasan TNI

TNI sudah ganti rugi kerugian korban

Bandung Barat, IDN Times - Kendaraan tank lapis baja milik Batalyon Kavaleri (Yonkav) 4/Kijang Cakti mengalami kecelakaan di Jalan Raya Mandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (10/9/2020) siang.

Tank tempur jenis Scorpion itu menabrak sebuah gerobak tahu goreng dan empat sepeda motor yang terparkir di tepi jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

1. Kecelakaan terjadi saat latihan

Tank Baja Lindas Motor di Cipatat KBB, Begini Penjelasan TNITank baja milik Yonkav 4 alami kecelakaan di Jalan Raya Rajamandala, Cipatat, Bandung Barat. (Dok. Istimewa)

Komandan Batalyon Kavaleri 4, Letnan Kolonel Embi Triono mengatakan, peristiwa itu terjadi saat satuan dari Yonkav 4 sedang melaksanakan konvoi dalam rangka kegiatan uji siap tempur. Tank baja dari barisan ke dua itu melaju dari arah PLTA Saguling kemudian belok kiri ke Jalan Raya Rajamandala menuju arah Cianjur.

"Ya memang betul tadi sekitar jam 11.00 terjadi kecelakaan pada saat latihan. Tank dari satuan kami menyerempet gerobak dan sepeda motor," ungkap Embi di lokasi, Kamis (10/9/2020).

2. TNI sudah ganti rugi kerusakan materil

Tank Baja Lindas Motor di Cipatat KBB, Begini Penjelasan TNITank TNI seruduk gerobak pinggir jalan dan beberapa kendaraan (Instagram.com/infokomando)

Embi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, gerobak tahu goreng dan empat kendaraan roda dua yang tertabrak mengalami kerusakan. Meski demikian, TNI sudah mengganti rugi langsung kerugian materil milik warga yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

"Untuk kerugian yang ditimbulkan, kita sudah inventarisir siang tadi kita sudah selesaikan ganti rugi terhadap masyarakat semuanya sudah selesai dan dengan masyarakat semuanya sudah clear," jelasnya.

3. Sudah ditangani oleh Pomdam III Siliwangi

Tank Baja Lindas Motor di Cipatat KBB, Begini Penjelasan TNITank baja milik TNI AD alami kecelakaan di Cipatat, KBB. (Dok. Istimewa)

Sementara untuk proses selanjutnya, Embi menyebutkan, Pomdam III Siliwangi sudah turun langsung. Menurutnya, yang terpenting tidak ada korban jiwa baik dari prajurit maupun dari warga.

"Semua sudah kami tangani dan kami proses oleh Pomdam III Siliwangi untuk proses lebih lanjut," tandasnya.

4. Polisi serahkan kasus ini ke Subdenpom

Tank Baja Lindas Motor di Cipatat KBB, Begini Penjelasan TNIPolisi lakukan olah TKP kecelakaan tank baja di Cipatat, KBB. (IDN Times/Bagus F)

Ditemui di lokasi yang sama, Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah mengatakan, pihak kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Saat ini, kecelakaan tersebut sudah diserahkan ke Sun Datasemen Polisi Militer.

"Olah TKP kita lakukan kurang lebih 20 menit. Sekitar jam 11.00 betul ada tank menabrak satu buah roda tahu dan empat motor. Semua sudah kita tangani dan sudah kita serahkan ke Subdenpom. Subdenpom sendiri sudah melakukan musyawarah dan ganti rugi," kata Santi.

Baca Juga: Hilang Kendali, Tank Baja TNI AD Lindas Gerobak dan 4 Motor di KBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya