Sering Beraksi di Kampus UIN, 2 Pelaku Pencuri Motor di Dibekuk Satpam

Dua terduga pelaku ini ditangkap saat makan cuanki

Bandung, IDN Times - Dua pemuda yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor berhasil diringkus security di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada Senin (10/2) siang.

Keduanya ditangkap saat menyantap cuanki di dalam area kampus. Dua pemuda yang dicurigai itu lantas digelandang ke rektorat sebelum kemudian diserahkan ke pihak kepolisian.

1. Sekuriti curigai gerak-gerik pelaku

Sering Beraksi di Kampus UIN, 2 Pelaku Pencuri Motor di Dibekuk SatpamDok. IDN Times/Istimewa

Staf Humas UIN Bandung, Muhamad Helmi Kahfi mengatakan, penangkapan kedua terduga pelaku itu berangkat dari kecurigaan petugas keamanan terhadap gerak-gerik keduanya di lokasi sekitar parkiran motor mahasiswa.

"Berawal dari kecurigaan security, karena kan sebelumnya pernah ada kehilangan kendaraan yang terekam CCTV. Dua wajah pelaku ini terekam CCTV sehingga dicirian oleh security," ungkap Helmi saat dihubungi, Senin (10/2).

2. Pelaku membawa alat yang diduga digunakan untuk membobol motor

Sering Beraksi di Kampus UIN, 2 Pelaku Pencuri Motor di Dibekuk SatpamDok. IDN Times/Bagus F

Security yang sudah menghafal wajah pelaku merasa tidak asing saat terduga pelaku tengah menyantap cuanki. Berangkat dari kecurigaan itu, security lantas menggeledah isi tas yang dibawa oleh dua pemuda itu.

"Kebetulan (terduga) pencuri ini lagi makan cuanki berdua. Tambah curiga security memeriksa tasnya. Terasa berat diperiksa didalamnya ada alat canggih untuk nyolong motor. Ada kunci T, kunci cadangan dan alat lainnya," paparnya.

3. Motor hasil curian dikirim ke penadah di Garut

Sering Beraksi di Kampus UIN, 2 Pelaku Pencuri Motor di Dibekuk Satpamilustrasi (ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko)

Setelah kecurigaan security semakin kuat, keduanya digelandang ke gedung rektorat untuk dimintai keterangan. Menurut Helmi, terduga pelaku mengaku sebelumnya pernah melakukan aksi pencurian di area kampus itu.

"Dia juga ngaku waktu ngambil (motor) di (Fakultas) Saintek beberapa waktu lalu. Mereka mengaku motor hasil curian dikirim ke penadah di wilayah Garut," sebutnya.

Sebelumnya, pihak kampus UIN Bandung mendapat laporan kehilangan motor milik beberapa mahasiswa yang diparkirkan di area kampus.

4. Dua pelaku sempat diamuk massa saat dibawa polisi

Sering Beraksi di Kampus UIN, 2 Pelaku Pencuri Motor di Dibekuk SatpamIlustrasi. IDN Times/Sukma Sakti

Pihak kampus kemudian menyerahkan kedua pelaku yang berhasil diamankan itu ke Polsek Panyileukan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Saat hendak dibawa ke Polsek Panyileukan, petugas kepolisian tidak kuasa menahan amukan massa yang kesal atas kehilangan motor di area kampus UIN Bandung beberapa waktu lalu.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya