Ruang Isolasi di Semua Rumah Sakit Cimahi Penuh, Pemkot Kebingungan

Pemkot Cimahi masih cari solusi ruang isolasi

Cimahi, IDN Times - Ruang isolasi untuk pasien COVID-19 di seluruh rumah sakit rujukan di Kota Cimahi penuh. Saat ini, Pemerintah Kota Cimahi masih kebingungan jika kasus COVID-19 bertambah hingga harus dirujuk ke rumah sakit.

Tercatat, ada empat rumah sakit di Cimahi yang menampung pasien COVID-19. Empat rumah sakit itu yakni RSUD Cibabat, Rumah Sakit Avisena, Rumah Sakit Mitra Kasih dan Rumah Sakit Dustira.

"Sudah penuh ruang perawatan khsusu Covid-19,” ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Cimahi, Maria Fitriana saat ditemui, Selasa (24/11/2020).

1. Pemkot belum temukan jalan keluar

Ruang Isolasi di Semua Rumah Sakit Cimahi Penuh, Pemkot KebingunganIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Untuk sementara, jika ada pasien COVID-19 yang baru, pasien terpaksa harus melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan yang lebih ketat dari tenaga medis. Maria mengaku, Pemkot Cimahi masih kelimpungan mencari solusi atas hal ini.

“Kita sedang cari jalan keluarnya. BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) juga gak bisa dirujuk karena penuh,” kata Maria.

2. Pasien COVID-19 aktif di Cimahi mencapai 258 orang

Ruang Isolasi di Semua Rumah Sakit Cimahi Penuh, Pemkot KebingunganIlustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dari data Dinas Kesehatan, warga Cimahi yang terkonfirmasi positif COVID-19 aktif saat ini mencapai 258 orang. Dari ratusan pasien positif itu, mayoritas tengah menjalani isolasi mandiri.

Menurutnya, meningkatnya kasus COVID-19 di Kota Cimahi ini lantaran abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan, baik penggunaan masker maupun cuci tangan secara rutin.

"Kesadaran masyarakat untuk mau bersama-sama saling menjaga menjadi hal yang sangat penting dalam proses penekanan angka penyebaran," ujar Maria.

3. 36 bed di RSUD Cibabat terisi full

Ruang Isolasi di Semua Rumah Sakit Cimahi Penuh, Pemkot KebingunganIlustrasi (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dihubungi terpisah, Pelaksana Tugas RSUD Cibabat, Reri Marliah mengatakan, sebanyak 36 bed pasien khusus COVID-19 yang tersedia di RSUD Cibabat suah terisi seluruhnya alias full. Rencananya pihak RSUD akan menambah kapasitas tempat tidur agar bisa menampung jika ada penambahan pasien.

“Rencananya akan menambah kapasitas tempat tidur, tapi masih dalam koordinasi dengan pihak terkait,” tutur Reri.

4. Pasien asal KBB akan dirujuk kembali ke RSUD daerah asal

Ruang Isolasi di Semua Rumah Sakit Cimahi Penuh, Pemkot KebingunganSpanduk protes TKK di RSUD Cikalongwetan. (Istimewa)

Reri menjelaskan, pasien yang datang ke RSUD Cibabat didominasi pasien suspect COVID-19. Selain itu, pasien yang berasal dari Bandung Barat juga tidak sedikit yang memilih datang ke RSUD Cibabat.

Namun pihaknya terpaksa harus melakukan pemilahan karena memang kondisinya sudah tidak memunginkan untuk menampung pasien khusus COVID-19.

“Tapi saya lakukan pemilahan jika tanpa ada rujukan maka akan saya rujuk kembali ke RSUD Cikawet atau Cililin (asal KBB),” tandasnya.

Baca Juga: Libur Panjang Berdampak Buruk, Ruang Isolasi COVID RSUD Cililin Penuh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya