Ridwan Kamil: Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Timbulkan Kemacetan

Saat ini sudah ada beberapa titik kemacetan

Bandung Barat, IDN Times - Proyek pembangunan stasiun untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di kawasan Padalarang mulai dikerjakan. Kehadiran stasiun kereta cepat ini dinilai bakal memicu kemacetan di ruas jalan tersebut.

Sempitnya badan jalan dan ramainya lalu-lalang masyarakat di pasar tradisional di selatan stasiun, diperkirakan akan memicu kemacetan arus lalu lintas ketika Kereta Cepat mulai beroperasi. Dengan adanya pembangunan stasiun kereta cepat, area parkir di stasiun Padalarang pun mau tak mau harus diperluas untuk menampung pengguna transportasi kereta cepat.

1. Bisa picu kemacetan regional

Ridwan Kamil: Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Timbulkan KemacetanUji coba rekayasa lalu lintas di Padalarang. (IDN Times/Bagus F)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menilai pembangunan stasiun kereta cepat di kawasan Padalarang bisa memicu kemacetan regional. Terlebih, saat ini kondisi lalu lintas Padalarang memang menjadi langganan macet yang masih menjadi PR pemerintah daerah.

"Saya akan dukung maksimal, tapi kan keputusan stasiun Padalarang ini berpotensi memicu kemacetan regional. Jangan sampai (pembangunan stasiun) ini beres, kemacetannya tidak terselesaikan," ujar Ridwan Kamil di Padalarang, Senin (12/4/2021).

2. Emil sarankan bangun flyover

Ridwan Kamil: Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Timbulkan KemacetanIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil meminta PT KCIC dan PT KAI memikirkan fasilitas penunjang agar kawasan Padalarang terhindar dari kemacetan. Salah satu yang didorong Ridwan Kamil adalah pembuatan flyover atau jalan layang di tiga titik persimpangan.

"Karena perlintasan sebidang, nanti bisa jadi blunder, itu poinnya. Jadi dari sekarang saya mengingatkan dan pasti saya bantu, bagaimana perlintasan sebidang di buat flyover atau underpass. Itu harus konkret dan fix," kata Emil.

3. Emil siap jadi tameng jika ada gejolak

Ridwan Kamil: Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Timbulkan KemacetanIDN Times/Galih Persiana

Menurut Emil, masih ada beberapa simpul kemacetan di beberapa ruas jalan di wilayah Padalarang. Gejolak dari masyarakat pun diperkirakan bakal naik tensinya. Untuk meredam resistensi itu, Emil menyatakan siap menjadi tameng untuk proses pembangunan demi mengurai simpul kemacetannya.

"Siapa mengerjakan apa tentu kita follow up, tapi harus dipersiapkan dengan matang. Biar saya kalau ada masyarakat ramai saya paling depan untuk menenangkannya," tandasnya.

4. PT KAI siap ikuti saran Emil

Ridwan Kamil: Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Timbulkan KemacetanDirektur Utama PT KAI Didiek Hartantyo/istimewa

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengaku siap berkolaborasi dengan Pemprov Jabar untuk mengatasi kemacetan. Didiek mengamini permintaan Emil, pihaknya bakal membangun flyover di simpul kemacetan itu.

"Siap kami akan koordinasi dengan pemda setempat. Semoga perlintasan itu bisa selsai sebelum 2023," kata Didiek.

Baca Juga: Menko Luhut dan Menhub Budi Karya Tinjau Proyek Kereta Cepat

Baca Juga: Stasiun di Padalarang Bakal Jadi Titik Berangkat Kereta Cepat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya