Ridwan Kamil:  Misa Malam Natal di Jabar Aman

Selamat hari Natal untuk warga Nasrani di Jabar dan sekitarnya

Bandung Barat, IDN Times - Misa malam natal di wilayah Jawa Barat dipastikan berjalan aman dan lancar. Hal itu diungkapkan Gubernur jawa Barat, Ridwan Kamil usai melakukan peninjauan ke tiga gereja di Kota Bandung dan Kota Cimahi, Selasa(24/12).

Tiga gereja itu yakni Gereja Katedral dan Gereja Starways Heaven di Kota Bandung dan satu gereja di Kota Cimahi, Santo Ignasius.

Pada peninjauan Misa Natal, Emil di dampingi Ketua DPRD Jabar, Taufik Hidayat, Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

"Dalam rangka meminitor perayaan natal di esok hari, kami mengunjugi dua gereja di Kota Bandung dan 1 gereja di Kota Cimahi," ungkap Emil usai meninjau misa malam Natal di gereja St. Ignatius, Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa (24/12).

1. Emil Ucapkan Selamat Natal

Ridwan Kamil:  Misa Malam Natal di Jabar AmanIDN Times/Bagus F

Dihadapan jemaat gereja Santo Ignasius, Emil diberi kesempatan menyampaikan pesan-pesan kepada umat kristiani Kota Cimahi.

"Kami ingin menyampaikan atas nama pemerintah, selamat hari Natal penuh dengan kedamaian. Malam ini sengaja hadir, kami hanya ingin memastikan semua dalam keadaan tenang nyaman dan penuh kebahagian sukacita di hati kita," ucap Emil.

2. Perayaan Natal di Jabar aman

Ridwan Kamil:  Misa Malam Natal di Jabar AmanIDN Times/Bagus F

Emil menyebutkan, 27 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Barat sudah dilakukan pemantauan oleh pihak kepolisian. Sampai saat ini, kata Emil belum ada laporan terkait hal-hal yang tidak diinginkan.

"Menandakan inilah wajah damainya Jawa Barat yang harus kita jaga khususnya damai dalam melaksanakan keyakinan agama masing-masing yang dijamin oleh Pancasila khususnya sila pertama," ujar Emil.

Dia berharap kedamaian beragama ini bisa terus berlangsung di natal-natal tahun berikutnya.

3. Pemerintah sebagai sahabat

Ridwan Kamil:  Misa Malam Natal di Jabar AmanIDN Times/Bagus F

Sementara itu, Pastor Parokhi Gereja Santo Ignasius, Romo Paskasius Bekatmo menuturkan, dirinya mewakili umat kristiani merasa didukung oleh pemerintahnya dalam menjalankan ibadahnya.

"Pemerintah sebagai sahabat. Kehadiran mereka memberikan semangat. Karena yang sekarang menjadi perhatian dalam perayaan natal ini adalah bagaimana kita ini menjadi sahabat tidak menjadi musuh. Menjadi sahabat bagi semua pihak," ucapnya.

4. "Hiduplah sebagai Sahabat Bagi Semua Orang"

Ridwan Kamil:  Misa Malam Natal di Jabar AmanIDN Times/ Muchammad Haikal

Dalam perayaan natal tahun ini, Gereja Santo Ignasius mengambil tema yang penuh pesan toleransi. Pesan itu yakni 'Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang'.

"Kunjungan ini juga memotivasi kami untuk juga menjadi sahabat bagi siapapun yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya