Comscore Tracker

Puncak Kemacetan di Lembang Diprediksi Terjadi pada Malam Tahun Baru

Kemacetan dinilai menurun dibanding hari sebelumnya

Bandung Barat, IDN Times - Menjelang malam pergantian tahun, lalu lintas di jalur wisata Lembang terpantau berkurang dibanding dua hari sebelumnya. Meski berkurang, kepadatan volume kendaraan masih terasa di sejumlah titik pintu masuk objek wisata.

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki membenarkan adanya penurunan volume kendaraan dibanding hari sebelumnya atau saat libur Natal 2019. Dia memprediksi volume kendaraan akan kembali meningkat pesat mulai pada tanggal 30 Desember mendatang.

"Kemungkinan akan ada terjadi lonjakan kendaraan kembali pada malam tahun baru. Terutama kendaraan yang masuk ke daerah Lembang," ungkap Yoris usai melakukan pengecekan arus lalu lintas di kawasan jalur wisata Lembang, Kamis (26/12).

1. Kemacetan Lembang diserbu kendaraan dari Bandung dan Subang

Puncak Kemacetan di Lembang Diprediksi Terjadi pada Malam Tahun BaruIDN Times/Bagus F

Menurut Yoris, kemacetan di jalur wisata Lembang dipengaruhi karena sudah dibukanya Tol Japek dan sejumlah wisata baru di Lembang. Kemacetan itu diperkuat lagi dengan sebab jalan yang sempit di kawasan Lembang.

Wisatawan, lanjut Yoris, datang dari arah Tol Pasteur, Kota Bandung ataupun dari arah Subang dengan keluar dari Tol Cipali.

"Semua mobil dari Bandung ataupun Subang mengarah ke sini (Lembang) bisa stuck sementara. Di Lembang ini kan jalurnya sempit makanya kita harapkan harus bersinergi dibantu juga dengan Dirlantas Polda Jabar untuk mengatur lalu lintas," ucapnya.

2. Titik macet di pintu masuk objek wisata

Puncak Kemacetan di Lembang Diprediksi Terjadi pada Malam Tahun BaruIDN Times/Bagus F

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah menyebutkan, titik macet di kawasan Lembang berada di pintu masuk beberapa objek wisata. Dari pantauannya, pintu masuk wisaa The Great Asia Africa dan Floating Market menjadi titik kepadatan kendaraan.

"Titik kepadatan yang paling padat itu di depan Asia Afrika yang ada baru, ya. Dan Farmhouse itu ekornya lumayan panjang," ujar Santi.

3. Bakal dilakukan buka tutup jalur

Puncak Kemacetan di Lembang Diprediksi Terjadi pada Malam Tahun BaruIDN Times/Bagus F

Santi menuturkan, pihak kepolisian sudah menyiapkan skema untuk mengurai kemacetan di jalur wisata Lembang. Jika kendaraan terpantau mengular, pihak kepolisian bakal memberlakukan buka tutup jalur.

Selain itu, polisi juga bakal melakukan pengalihan arus kendaraan ke Jalan Sersan Bajuri pada wisatawan yang datang dari Kota Bandung menuju Lembang.

"Upaya yang sudah kita lakukan itu kita adakan buka tutup. Kalau sudah di arah ke Farmhouse yang dari atas sudah tidak bergerak, kendaraan kita alihkan ke Kolonel Masturi, begitupun sebaliknya. Kalau dari Ledeng sudah memanjang kita alihkan ke Sersan Bajuri," paparnya.

4. Pengguna jalan tetap hati-hati dan jangan egois

Puncak Kemacetan di Lembang Diprediksi Terjadi pada Malam Tahun BaruIDN Times/Bagus F

Kepada seluruh pengguna jalan, dia mengimbau agar tetap berhati-hati dalam berlalu lintas dan tidak mementingkan egonya pribadi. Setiap pengemudi harus menghargai pengguna jalan lainnya

"Jangan egois, jangan hanya mementingkan kepentingan diri sendiri untuk cepat-cepat, harus menghargai pengguna kendaraan yang lain," tandasnya.

Topic:

  • Bagus F
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya