PTM di Cimahi Mulai Digelar, Wali Kota: Jika Ada Kasus maka Dihentikan

Jika dua bulan berjalan baik, maka PTM dilanjutkan

Bandung Barat, IDN Times - Kerinduan siswa-siswi untuk bisa sekolah tatap muka akhirnya terbayarkan. Pembelajaran tatap muka (PTM) pada jenjang TK, SD, SMP, dan SMA mulai berjalan per hari Senin, 6 September 2021 di Kota Cimahi. Gelaran PTM ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan super ketat demi mencegah penyebaran COVID-19 pada klaster sekolah. 

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi mencatat, dari 312 PAUD dan TK, sebanyak 221 ikut menggelar PTM. Sementara, untuk jenjang SD dari 116 sekolah sebanyak 115 sekolah ikut PTM. Kemudian untuk jenjang SMP ada sebanyak 44 SMP ikut PTM sedangkan satu SMP tidak ikut PTM.

"Saya cek langsung di SMPN 1 ini, tiap ruangan dan kapasitas antar siswa memenuhi syarat. Alur masuk dan keluar sudah baik juga. Tempat cuci tangan, hand sanitizer ada semua jadi siswa bisa terbiasa dengan prokes,” ujar Pelaksana Tugas Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Senin (6/9/2021).

1. Jika PTM timbulkan kasus klaster COVID-19 akan diberhentikan

PTM di Cimahi Mulai Digelar, Wali Kota: Jika Ada Kasus maka DihentikanSekolah tatap muka di Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Ngatiyana mengatakan, digelarnya PTM ini melihat tren kasus di Cimahi yang dinilai sudah melandai. Selain itu, Ngatiyana juga memastikan para pengajar sudah menjalani vaksinasi COVID-19. Pemkot Cimahi akan melakukan monitoring selama September dan Oktober. Jika hasil evaluasi baik, maka PTM akan terus dilanjut.

"Ini kan ujicoba mudah-mudahan berhasil. Apabila ujicoba menimbulkan hal yang tidak baik seperti lonjakan kasus, mungkin kita hentikan dulu lalu dievaluasi baiknya seperti apa,” kata Ngatiyana.

2. Siswa tatap muka hanya untuk 33 persen

PTM di Cimahi Mulai Digelar, Wali Kota: Jika Ada Kasus maka DihentikanIlustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah (dokumen/IDN Times)

Ngatiyana menjelaskan, pada gelaran PTM ini Pemkot Cimahi memakai pola pembatasan kapasitas siswa. Hanya 33 persen siswa yang boleh mengikuti pembelajaran offline di sekolah, sementara sisanya tetap menjalani pembelajaran daring.

"Jadi jadwalnya dibagi dua, ada yang PTM Senin, Rabu, jumat. Lalu ada juga yang Selasa, Kamis, Sabtu. Jadi enggak cuma tatap muka saja, tapi untuk pembelajaran virtual juga tetap berjalan,” jelas Ngatiyana.

3. Prioritas PTM untuk siswa tak punya gawai

PTM di Cimahi Mulai Digelar, Wali Kota: Jika Ada Kasus maka DihentikanSejumlah siswa-siswi mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui daring di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi Harjono menambahkan, PTM ini diprioritaskan bagi siswa yang tidak memilki gawai untuk belajar online. Sementara siswa yang masih bisa menjalani pembelanjaran daring diharap masih bisa mengikuti pembelajaran daring.

"Untuk siswa yang melaksanakan PTM itu betul-betul yang memerlukan, misalnya yang terhambat dari kepemilikan gawai dan akses internet. Bagi yang keluarganya mudah mengakses itu diharapkan masih daring,” kata Harjono.

4. Banyak siswa tak diizinkan orang tua untuk PTM

PTM di Cimahi Mulai Digelar, Wali Kota: Jika Ada Kasus maka DihentikanSejumlah siswa-siswi mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui daring di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Di sisi lain, siswa yang tidak mengikuti PTM memiliki alasan yang beragam. Alasan paling dominan yakni izin dari orang tua murid, sebagian orang tua memilih untuk tetap daring. Orang tua juga beralasan mereka baru saja melakukan perjalanan luar kota sehingga tidak mengizinkan anaknya untuk PTM.

"Hari ini banyak laporan juga dari guru ada orangtua yang putra putrinya tidak diizinkan ikut PTM karena baru melakukan perjalanan luar daerah. Misalnya di SMPN 1 Cimahi ini kelas 7 ada 11 orang yang tak ikut karena baru pulang dari luar daerah,” sebut Harjono.

"Kepala sekolah diinstruksikan mendata siswa yang tidak diperbolehkan ikut PTM. Saat ini jumlahnya masih dihitung semuanya. Setiap hari koordinasi dengan semua pengawas,” tutupnya.

Baca Juga: Hanya 25% Siswa Dalam Satu Kelas Boleh Ikut PTM di Kota Bandung

Baca Juga: Ada Sekolah di Kota Bandung Curi Start PTM Lebih Awal dari Ketentuan

Baca Juga: Hari Pertama PTM, Siswa di Kabupaten Bandung Bahagia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya