Proyek Terowongan KCIC Bikin Jalan Raya Antarkota Amblas?

Tak ada angin tak ada hujan, jalan raya di KBB amblas

Bandung Barat, IDN Times - Jalan Raya Padalarang-Purwakarta yang terletak di Kampung Sasaksaat RT 02 RW 04 Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), amblas. Lokasi itu berada tepat di atas proyek tunnel atau terowongan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB menduga penyebab amblasnya jalan raya tersebut karena adanya kegiatan proyek di bawah jalan raya. Akibatnya, lapisan tanah yang terlalu tipis dan tak kuat menahan beban mengalami amblas.

1. Proyek terowongan jadi penyebab amblasnya jalan raya

Proyek Terowongan KCIC Bikin Jalan Raya Antarkota Amblas?Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. IDN Times/Bagus F

Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan, peristiwa amblasnya jalan itu terjadi tidak dalam kondisi hujan. Artinya, amblasnya jalan tersebut tidak sepenuhnya diakibatkan oleh faktor cuaca.

"Dugaan sementara penyebab jalan amblas karena pembangunan jalan Kereta cepat KCIC torowongan delapan oulet," ujar Duddy saat dihubungi, Senin (31/5/2021).

2. Jalan amblas menyebabkan lubang sedalam 2,5 meter

Proyek Terowongan KCIC Bikin Jalan Raya Antarkota Amblas?Jalan di atas terowongan KCIC amblas. (Istimewa)

Duddy menyebutkan, BPBD sudah menerjunkan petugas untuk memeriksa kondisi di tempat kejadian. Peristiwa amblasnya jalan raya tersebut mengakibatkan adanya lubang sedalam 2,5 meter.

"Tindakan sementara, jalur disatu-arahkan. Panjang yang amblas sekitar 5 meter, sementara kedalaman 2,5 meter," kata Duddy.

3. Kontraktor menghentikan sementara proyek terowongan

Proyek Terowongan KCIC Bikin Jalan Raya Antarkota Amblas?Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo. (IDN Times/Bagus F)

Dengan demikian, proyek pengerjaan terowongan dihentikan sementara. Kontraktor sementara ini akan melakukan perbaikan jalan raya yang mengalami amblas.

"Saat ini sedang dilakukan upaya penutupan dan pengecoran oleh pihak KCIC. Untuk sementara, pengerjaan terowongan dihentikan dulu," ujar dia.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya