Polisi Bakal Berjaga di 16 Titik Selama PSBB Kabupaten Bandung

Jika tak ada keperluan yang jelas, warga disuruh balik kanan

Bandung, IDN Times - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Bandung Raya mulai diterapkan pada Rabu 22 April mendatang. Di Kabupaten Bandung, PSBB berlaku parsial di tujuh Kecamatan. Tujuh wilayah itu yakni Kecamatan yang menyangga Kota Bandung seperti Kecamatan Margaasih, Margahayu, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Cilengkrang Cimenyan dan Cileunyi.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, dari tujuh kecamatan itu, akan ada 16 lokasi checkpoint untuk mengawasi keluar masuk kendaraan dari dan keluar Kabupaten Bandung.

"Kita akan lihat apa keperluan keluar dari Kabupaten. Makanya didirikan checkpoint di situ. kalau tidak ada keperluan yang jelas disuruh balik lagi," ungkap Hendra, Minggu (19/4).

1. Sebanyak 16 checkpoint itu untuk membatasi aktivitas masyarakat

Polisi Bakal Berjaga di 16 Titik Selama PSBB Kabupaten BandungIDN Times/Bagus F

Hendra menjelaskan, petugas kepolisian akan ditugaskan untuk berjaga di 16 lokasi yang sudah ditetapkan. Menurut dia, sesuai tujuannya, PSBB memang harus berhasil membatasi aktivitas yang berlebih di masyarakat.

Sebanyak 16 lokasi yang menjadi titik checkpoint itu antara lain yakni Jalan Nanjung, Cibolerang, Kopo - Soreang, Cibaduyut, Jalan Raya Banjaran, Mohamad Toha, Bojongsoang, Rancaekek/Dangdeur, Laswi - Ciparay, Cimenyan, Cilengkrang, Nagreg, Cijapati - Cikancung, Jalan Raya Cipatik (Patrol) dan Jalan Kamojang - Ibun.

"Jadi initinya, orang sama barang itu dibatasi masuknya, Tapi ada beberapa kegiatan tertentu yang masih boleh, misalnya kegiatan pertanian. Itu ada di Pergub-nya," kata Hendra.

2. Sanksi bagi pelanggar aturan PSBB menunggu kesepakatan bersama

Polisi Bakal Berjaga di 16 Titik Selama PSBB Kabupaten BandungIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Mengenai sanksi, Hendra belum bisa menyampaikannya. Hukuman bagi pelanggar PSBB di Bandung Raya masih menunggu kesepakatan bersama daripada leading sector di masing-masing wilayah.

"Senin baru akan kita bicarakan bersama semua Kapolres di Polda. Kemungkinan akan ada sanksi teguran. Untuk tindakan seperti apa, baru akan kita bahas besok," paparnya.

3. Tidak akan simulasi terlebih dahulu

Polisi Bakal Berjaga di 16 Titik Selama PSBB Kabupaten BandungDok. Humas Bandung

Hendra mememastikan bahwa kepolisian sejauh ini tidak akan menggelar simulasi PSBB seperti halnya yang terjadi di Kota Bandung. Menurutnya, teknis penerapan PSBB sudah jelas, maka PSBB di Kabupaten Bandung tinggal dilaksanakan pada Rabu 22 April dini hari mendatang.

"Kan sudah jelas (bagaimana teknis PSBB), langsung kita laksanakan saja. Sambil berjalan sambil sosialisasi," ucapnya.

4. Warga diminta jaga jarak dan lakukan pola hidup sehat

Polisi Bakal Berjaga di 16 Titik Selama PSBB Kabupaten BandungANTARA FOTO/Jojon

Dia berharap, warga Kabupaten Bandung dapat mematuhi aturan yang berlaku selama PSBB diterapkan. Menjaga jarak dan membatasi aktivitas di luar rumah menurutnya adalah inti dari PSBB.

"Intinya adalah jaga jarak, dilarang berkumpul untuk kegiatan keagamaan, seni, budaya, intinya di situ. Karena jika berkumpul masih dilakukan akan banyak yang kemungkinan terpapar, intinya begitu. Jaga hidup sehat, ke mana-mana harus pakai masker," imbaunya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya