PKH Dinilai Efektif, Mensos Juliari Klaim Angka Kemiskinan Berkurang

Rp172 miliar disiapkan untuk 2.500 KPM se-Bandung Raya

Cimahi, IDN Times - Sebanyak 2.500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat menerima penyerahan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap I Tahun 2020 langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Lapangan Rajawali, Kota Cimahi, Rabu (29/1).

Total bantuan PKH yang disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) itu sebanyak 172 milyar untuk ribuan KPM se-Bandung Raya. Hal itu menjadi upaya Kemensos untuk terus mengurangi angka kemiskinan.

1. Klaim angka kemiskinan menurun berdasar survey BPS

PKH Dinilai Efektif, Mensos Juliari Klaim Angka Kemiskinan BerkurangDok. Humas Kemensos RI

Di hadapan Presiden, Menteri Sosial, Juliari P Batubara melaporkan, angka kemiskinan di Indonesia menurun dalam satu tahun terakhir. Dia menyebut, angka kemiskinan saat ini merupakan terendah sepanjang sejarah di Indonesia.

"Sesuai hasil survei BPS, angka kemiskinan di Indonesia turun dari 9,66% pada September 2018 menjadi 9,22 % pada September 2019. Bapak Presiden yang saya hormati angka kemiskinan tersebut adalah yang terendah sepanjang sejarah, " kata Mensos Juliari dalam sambutannya pada acara Penyerahan Program Keluarga Harapan Tahap l Tahun 2020, di Lapangan Rajawali, Kota Cimahi, Rabu (29/01).

2. Penyaluran bansos PKH diharap bisa tepat sasaran

PKH Dinilai Efektif, Mensos Juliari Klaim Angka Kemiskinan BerkurangRibuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Bandung Raya mengantre untuk menerima bantuan PKH langsung dari Presidn Jokowi di Cimahi, Rabu (29/1). (IDN Times/Bagus F)

Juliari juga mengatakan, langkah Kementerian menyalurkan bansos PKH ini diharapkan bisa tepat sasaran dan tepat waktu dalam pencairannya. Selain itu, Juliari juga menyampaikan bahwa penyaluran bansos PKH ini berkait erat dengan percepatan penyerapan anggaran sebagai mana arahan Presiden.

"Penyaluran bansos PKH ini juga merupakan bagian dari tindak lanjut atas arahan bapak Presiden kepada kami Menteri di Kabinet Indonesia Maju, terkait dengan percepatan penyerapan anggaran," ucapnya.

3. Kemensos gelontorkan Rp1,1 triliun untuk PKH Jabar

PKH Dinilai Efektif, Mensos Juliari Klaim Angka Kemiskinan BerkurangANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Juliari memaparkan, anggaran yang sudah dikeluarkan Kemensos untuk 1,6 juta KPM di Jawa Barat sebesar Rp1,1 triliun. Anggaran tersebut diharapkan bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan dan meningkatkan kualitas SDM KPM di Jabar.

"Per tanggal 17 Januari 2020 Kementerian Sosial RI telah menyalurkan Bantuan Sosial PKH senilai Rp 7 triliun. Jumlah itu adalah 24% dari total anggaran PKH Tahun 2020 yaitu Rp29,3 triliun," sebut Juliari.

4. Jokowi harap bansos PKH bisa jadi upaya cegah stunting juga

PKH Dinilai Efektif, Mensos Juliari Klaim Angka Kemiskinan BerkurangDok. Humas Pemkot Cimahi

Sementara itu, dihadapan para penerima bantuan, Presiden Joko Widodo mengimbau agar bantuan yang diberikan bisa digunakan sebaik-baiknya. Dia menekankan, bantuan itu disalurkan agar masyarakat mampu membeli makanan bergizi demi langkah pencegahan stunting yang angkanya di Jabar cukup tinggi.

"Bisa daging, bisa sayur, bisa buah, bisa jadi gizi yang baik bagi anak-anak kita. Jangan lupa anaknya di imunisasi," ucapnya saat pidato.

Namun, Jokowi menegaskan agar para penerima manfaat tidak menggunakan bantuan itu untuk foya-foya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya