Pesan Kapolri: Polisi Jangan Berpenampilan Mewah, dan Tampil Sederhana

Kapolri Idham Aziz sampaikan pesan netral di Rakernis Polri

Bandung Barat, IDN Times - Kapolri Jenderal Idham Aziz mengingatkan para anggotanya untuk selalu bersikap netral pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 pada September mendatang. Tak hanya itu, ia pun meminta komitmen para anggotanya untuk bekerja total dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

Hal itu disampaikan Idham saat memberi sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pom TNI bersama Propam Polri di Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim) Polri Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (5/3).

1. Anggota diharapkan netral pada Pilkada serentak dan PON 2020

Pesan Kapolri: Polisi Jangan Berpenampilan Mewah, dan Tampil SederhanaDok. IDN Times/Humas Polres Cimahi

Idham berpesan, Propam sebagai bagian dari Polri memiliki fungsi pengawasan internal dalam rangka peningkatan kepercayaan terhadap masyarakat. "Khususnya dalam menjaga dan mengawasi netralitas anggota dan ASN Polri pada pelaksanaan Pilkada serentak dan PON XX tahun 2020," kata Idham.

2. Rakernis ditujukan untuk penyamaan persepsi

Pesan Kapolri: Polisi Jangan Berpenampilan Mewah, dan Tampil SederhanaDok. IDN Times/Humas Polres Cimahi

Idham menyampaikan, Rakernis kali ini bertujuan untuk memberikan gambaran implementasi strategi Propam Polri dalam rangka menjamin netralitas dan mendukung pengamanan Pilkada serentak dan digelarnya PON XX tahun 2020.

"Kegiatan ini untuk penyamaan visi, persepsi, interprestasi, melalui pencerahan dan diskusi di bidang pengawasan internal serta menjadi pedoman pelaksanaan tugas Propam Polri. Sehingga dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak dan PON XX tahun 2020 berjalan kondusif," ujarnya.

3. Jajaran polisi diingatkan untuk bergaya hidup sederhana

Pesan Kapolri: Polisi Jangan Berpenampilan Mewah, dan Tampil SederhanaDok. IDN Times/Humas Polres Cimahi

Dalam kesempatan itu, Idham juga berpesan kepada para anggotanya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih melalui penerapan pola hidup sederhana.

Menurut Idham, pola hidup sederhana bisa diimplementasikan dengan tidak bergaya hidup mewah atau menunjukkan hedonisme dalam kehidupan sehari-hari baik di internal maupun dalam bermasyarakat.

"Pegawai Polri harus menyesuaikan kemampuan ekonomi sebagai cerminan sifat prihatin untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial," pesannya.

4. TNI - Polri harus solid melaksanakan disiplin di lingkungannya

Pesan Kapolri: Polisi Jangan Berpenampilan Mewah, dan Tampil SederhanaIDN Times/Bagus F

Idham mengatakan, tujuan diadakannya Rapim ini untuk menyamakan persepsi agar pelaksanaan tugas penegakkan disiplin di lingkunganTNI juga Polri lebih baik dan bisa bersinergi.

"Saya juga sudah menyampaikan beberapa pesan di awal, berharap untuk selalu membangun soliditas," lanjut Idham.

"Apalagi jajaran Pom TNI dan Propam Polri itu adalah garda terdepan untuk pelaksanaan disiplin di masing-masing lingkungan kesatuannya," tandasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya