Pertamina Amankan Sisa BBM di Pipa Penyalur Minyak yang Terbakar

11 tangki diturunkan

Cimahi, IDN Times - PT Pertamina mengamankan sisa bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamina Dex yang berada di pipa penyaluran Cimahi di samping ruas tol Padalarang KM 130, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Pengangkatan sisa BBM dilakukan menggunakan mobil tangki yang memiliki fasilitas pompa atau biasa disebut vacuum truk. Selain itu, pihak Pertamina juga melokalisir sisa BBM dari parit dengan tanggul.

"Kami telah menurunkan lebih dari 90 personel di lokasi kejadian. Konsentrasi Pertamina saat ini adalah untuk finalisasi pembersihan BBM serta menjaga supaya aliran air maupun parit tetap aman. Di saat bersamaan, kami juga menangani pipa yang terdampak,” ungkap VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam siaran persnya, Rabu (23/10).

1. Pasokan BBM dalam kondisi cukup

Pertamina Amankan Sisa BBM di Pipa Penyalur Minyak yang TerbakarIDN Times/Bagus F

Fajriyah mengatakan, pasokan BBM untuk wilayah Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi dan sekitarnya dalam kondisi cukup. Pasokan BBM pada wilayah tersebut, akan disuplai melalui dua terminal BBM. TBBM Padalarang dan TBBM Ujung Berung.

"Hari ini, kami juga melakukan alih suplai dari TBBM Cikampek untuk mendukung ketersediaan BBM di sebagian area di Purwakarta,” lanjut Fajriyah.

2. 11 tangki pertamina diparkirkan

Pertamina Amankan Sisa BBM di Pipa Penyalur Minyak yang Terbakarhumas pertamina

Dari pantauan di lokasi, sebanyak 11 mobil tangki diturunkan untuk menampung pembersihan sisa BBM yang terjebak di dalam pipa. Sampai pukul 14.00 WIB, petugas dari Pertamina masih berupaya melakukan penyedotan menggunakan vacuum truk.

Petugas dari kepolisian terpantau tengah berjaga di area. Garis polisi pun dibentangkan untuk mewaspadai warga mendekat ke lokasi. Papan peringatan juga dipasang agar warga tidak menyalakan api di dekat area yang sudah di blok menggunakan garis polisi.

3. Koordinasi instansi terkait terus dilakukan

Pertamina Amankan Sisa BBM di Pipa Penyalur Minyak yang TerbakarIDN Times/Bagus F

Fajriyah menuturkan, saat ini, pihak Pertamina terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yakni KCIC selaku pemilik proyek, Pemda setempat, aparat kepolisian, serta instansi terkait guna investigasi penyebab insiden tersebut.

Belum ada keterangan kerugian baik dari pihak Pertamina, KCIC atau warga sekitar. Pihak kepolisianpun masih menyelidiki lebih jauh atas peristiwa tersebut.

Baca Juga: [FOTO] Begini Kondisi Kebakaran Pipa BBM Milik Pertamina di Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya