Persiapan Sekolah Tatap Muka, Vaksinasi di KBB Prioritaskan Pelajar

Baru 25 ribu dari 187 ribu pelajar yang sudah divaksin

Bandung Barat, IDN Times - Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mengizinkan digelarnya kembali pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM). Dibukanya kembali PTM ini menimbang dari bagaimana progres vaksinasi COVID-19 di kalangan pelajar.

Per hari Kamis (26/8/2021) kemarin, angka pelajar yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 ini baru 25.072 pelajar dari 187.482 pelajar. Dengan rincian, pelajar yang baru menjalani vaksinasi tahap pertama baru 18.144 dan vaksinasi tahap kedua baru 6.928 pelajar.

1. Tatap muka tunggu target vaksinasi pelajar

Persiapan Sekolah Tatap Muka, Vaksinasi di KBB Prioritaskan PelajarHengky Kurniawan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pelaksana tugas Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, dibukanya sekolah tatap muka ini menunggu proses vaksinasi COVID-19 di kalangan pelajar mencapai target. Aturan mengenai pembelajaran tatap muka pun sudah disiapkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Targetnya harus vaksinasi dulu. Kalau sudah vaksin pelan-pelan kita pembelajaran tatap muka. Kita mulai dengan kapasitas dan juga prokes Covid-19 secara ketat," ujar Hengky, Jumat (27/8/2021).

2. Vaksinasi pelajar mulai digenjot minggu depan

Persiapan Sekolah Tatap Muka, Vaksinasi di KBB Prioritaskan PelajarVaksinasi di 60 titik tersebut tepatnya berada di 38 Kwarcab di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Untuk menuju PTM, Pemkab Bandung Barat menyiapkan skema penyediaan vaksinasi COVID-19 dengan stok yang ada untuk mencapai target vaksinasi semua pelajar. Di sisi lain, keterbatasan stok vaksin COVID-19 menjadi kendala untuk menggenjot vaksinasi lebih masif.

"Upaya itu dilakukan agar PTM dapat segera dilaksanakan sesuai harapan masyarakat. Untuk wilayah selatan sudah kita koordinasikan dengan Dinkes dan Disdik, akan kita laksanakan minggu depan,” kata Hengky.

3. Vaksinasi pelajar bakal jadi prioritas

Persiapan Sekolah Tatap Muka, Vaksinasi di KBB Prioritaskan PelajarProses vaksinasi COVID-19 para pelajar di Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan KBB, Nurul Rasihan, mengatakan, vaksinasi bagi pelajar tersebut memang sudah mulai diprioritaskan agar PTM bisa segera dilaksanakan.

"Kita sudah mulai di SMP 2 Padalarang, dan nanti akan terus berlanjut, tapi tergantung ketersediaan stok vaksinnya juga," tutur Nurul.

4. Vaksinasi pelajar bakal digelar di sekolah-sekolah

Persiapan Sekolah Tatap Muka, Vaksinasi di KBB Prioritaskan PelajarIlustrasi pembelajaran tatap muka (dokumen)

Ke depan, proses vaksinasi ini bakal dilakukan di masing-masing sekolah. Nurul menyebutkan, Dinkes sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menggenjot vaksinasi untuk kalangan pelajar.

"Pelaksanaan vaksinasinya bisa di setiap sekolah masing-masing atau kalau ada sekolah yang luas bisa digabungkan, paling teknis di lapangannya seperti itu," sebutnya.

Baca Juga: Pemkot Akhirnya Izinkan Sekolah Tatap Muka di Kota Bandung

Baca Juga: Siap-Siap Belajar Tatap Muka, Pemerintah Minta Ada Satgas di Sekolah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya