Pemkot Cimahi Terima 12.300 Dosis Vaksin untuk Tahap II 

Nakes, lansia, guru, dan wartawan masuk daftar vaksinasi

Cimahi, IDN Times - Pemerintah Kota Cimahi menerima sebanyak 12.300 dosis vaksin COVID-19. Ribuan dosis vaksin itu untuk melanjutkan program vaksinasi tahap dua yang masih mengutamakan tenaga kesehatan.

Selain tenaga kesehatan, vaksin tahap dua ini juga menyasar warga Cimahi yang berusia lanjut (lansia), wartawan, tenaga pendidik dan pegawai negeri.

1. Ada 1.230 vial untuk termin 1 tahap II

Pemkot Cimahi Terima 12.300 Dosis Vaksin untuk Tahap II Dinkes Cimahi terima 12.300 vaksin COVID-19. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cimahi Arta Setiawati menyebutkan, vaksin yang diterima Pemkot Cimahi langsung disimpan di Gudang Dinas Kesehatan.

"Kami kedatangan mobil yang mengirimkan vaksin satu boks, yang ditujukan untuk Cimahi, sejumlah 1.230 vial, di mana satu vial itu untuk 10 dosis," ungkap Arta, Rabu (24/2/2021).

"Ini termin 1 ya. Jadi, ini pengiriman vaksin tahap II termin 1. Kalau termin 1 sudah selesai, akan dilanjutkan dengan termin 2," imbuhnya.

2. Ditargetkan rampung dalam dua pekan

Pemkot Cimahi Terima 12.300 Dosis Vaksin untuk Tahap II Dinkes Cimahi terima 12.300 vaksin COVID-19. (IDN Times/Bagus F)

Arta mengatakan, vaksinasi tahap dua ini ditargetkan rampung dalam dua pekan ke depan. Sementara penyuntikan bakal dimulai per hari ini dengan target 200 orang pertama  yang disuntik.

"Vaksin yang datang sebanyak 1.230 vial itu untuk dua dosis. Jadi, sasarannya 5.000-an orang, untuk pemberian dua dosis. Kami juga sudah breakdown buat jadwalnya. Kurang lebih dalam waktu 14 hari, kami bisa selesaikan," paparnya.

3. Prioritas nakes dan lansia, sisanya anggota dewan, guru dan wartawan

Pemkot Cimahi Terima 12.300 Dosis Vaksin untuk Tahap II Ilustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Arta menjelaskan, vaksinasi COVID-19 tahap II termin 1 ini ditujukan untuk tenaga kesehatan yang belum sempat disuntik vaksin COVID-19 di tahap I. Termasuk, lanjutnya, tenaga kesehatan dan lansia yang menjadi prioritas.

"Sisanya, kami tujukan untuk anggota dewan, wartawan, guru-guru, terus beberapa pegawai perangkat daerah yang vaksinasinya didistribusikan di beberapa puskesmas. Untuk pejabat eselon II dan III akan dilakukan besok secara massal di Pemkot Cimahi," jelas Arta.

4. Masih jauh dari jumlah yang diajukan

Pemkot Cimahi Terima 12.300 Dosis Vaksin untuk Tahap II Dinkes Cimahi terima 12.300 vaksin COVID-19. (IDN Times/Bagus F)

Jumlah vaksin COVID-19 yang diterima Dinas Kesehatan Kota Cimahi kali ini masih jauh dari pengajuan. Dari pengajuan vaksinasi COVID-19 untuk sekitar 75.000 orang, baru sekitar 5.000-an orang yang mendapat jatah vaksin di tahap II termin 1 ini.

"Seperti biasa, jumlah vaksin yang kami terima jauh dari pengajuan. Oleh karena itu, ada istilah per termin. Ya kami juga maklum. Untuk lansia dan pelayan publik yang belum, nanti kuotanya akan diatur untuk Kemenkes," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya