Pemkab KBB Bakal Bangun Stadion Internasional di Kawasan Ciwalini

Stadion megah itu untuk keperluan Porda 2022

Bandung Barat, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera membangun stadion megah bertaraf internasional di kawasan Walini Raya, Kecamatan Cikalong Wetan. Stadion senilai Rp250 miliar lebih itu nantinya bakal menjadi arena pelaksanaan pekan olah raga daerah (Porda) Jawa Barat pada 2022, mendatang.

Sebelumnya, Pemkab KBB berencana membangun stadion tersebut di Kecamatan Cipatat. Namun, pembangunan dipastikan batal karena wilayah Cipatat dinilai kurang strategis.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) KBB, Ade Sudiana mengatakan, sesuai keinginan bupati, stadion yang akan dibangun itu diperuntukan untuk Porda 2022 yang nantinya digunakan untuk venue opening dan closing.

"Pembangunan stadion untuk Porda lokasinya di kawasan Walini. Sebelumnya akan dibangun di Cipatat tapi ada perubahan, jadinya disana (Walini)," ujar Ade saat ditemui di ruangannya, Rabu (7/11).

1. Stadion harus bertaraf internasional

Pemkab KBB Bakal Bangun Stadion Internasional di Kawasan CiwaliniIDN Times/Debbie Sutrisno

Ade menerangkan, dipilihnya Kabupaten Bandung Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan Porda tahun 2022 bersama Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Subang, menjadi alasan pentingnya stadion bertaraf internasional itu dibangun.

"Jadi stadionnya harus bertaraf Internasional agar bisa digunakan untuk lokasi pelaksanaan opening dan closing yang cukup mewah," tuturnya.

2. Anggaran pembangunan belum pasti

Pemkab KBB Bakal Bangun Stadion Internasional di Kawasan CiwaliniIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Disinggung mengenai anggaran pembangunan stadion, Ade belum bisa memastikan jumlahnya. Namun, kata Ade, anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit. Bantuan dana dari Pemprov Jabar juga sangat dinantikan.

"Awalnya, anggaran untuk pembangunan stadion dapat bantuan Rp250 miliar, tapi kalau jumlah pastinya saya belum tahu, yang jelas lokasinya bakal dibangung di Walini," papar Ade.

3. Diperkirakan akan menghabiskan Rp500 miliar

Pemkab KBB Bakal Bangun Stadion Internasional di Kawasan CiwaliniDok.IDN Times/Istimewa

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, untuk pembangunan stadion megah bertaraf internasional itu butuh anggaran yang besar. Selain bantuan dari Pemprov Jabar, sumber dana juga bisa berasal dari pihak ke tiga atau CSR.

"Kalau ingin membangunan stadion yang bagus dan refresentatif anggarannya pasti Rp500 miliar keatas. Tapi saya ingin ada kelengkapannya seperti Sarana Olahraga (SOR) terlengkap," beberapa waktu lalu.

Menurut Aa, Dengan adanya kelengkapan seperti SOR itu, diharapkan bisa membantu penghasilan untuk biaya pemeliharaan stadion tersebut.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya