Pasien Positif Corona Bertambah 11 Orang di Kota Cimahi

Pasien didominasi dari klaster Lembang

Cimahi, IDN Times - Pasien positif terinfeksi virus corona (COVID-19) di Kota Cimahi terus bertambah. Penambahan itu seiring dengan keluarnya hasil swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) test.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mencatat, saat ini ada 44 kasus pasien positif COVID-19. Rinciannya 36 orang positif aktif, 5 orang sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

1. Pasien positif di Cimahi bertambah 11 orang

Pasien Positif Corona Bertambah 11 Orang di Kota Cimahilavoixdunord.fr

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, kasus pasien positif COVID-19 di Kota Cimahi bertambah 11 orang dari hari sebelumnya. Penambahan kasus positif ini merupakan hasil dari rapid test yang dipastikan dengan swab test.

"Ada penambahan 7 orang positif lalu bertambah lagi 4 orang positif, totalnya jadi 11 orang positif. Saat ini positif aktif mencapai 36 orang," ungkap Chanifah saat dihubungi, Minggu (26/4).

2. Mayoritas pasien terpapar dari klaster Lembang

Pasien Positif Corona Bertambah 11 Orang di Kota CimahiMural mirip perawat di Shoreditch, di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di London, Britain, Selasa (21/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholls

Menurutnya, pasien baru yang dinyatakan positif ini merupakan bagian dari klaster seminar keagamaan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sebelumnya, Dinkes Kota Cimahi menyasar warga Cimahi yang masuk dalam klaster Lembang untuk dilakukan rapid test.

"Mayoritas penambahan positif COVID-19 ini dari klaster Lembang atau GBI. Karena sebelumnya kita lakukan rapid test dulu," ujarnya.

3. Pasien dari klaster Lembang dimungkinkan bertambah

Pasien Positif Corona Bertambah 11 Orang di Kota CimahiIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Jumlah pasien positif COVID-19 dari klaster seminar keagamaan Lembang sendiri kemungkinan akan terus mengalami penambahan. Chanifah menyebutkan, hasil swab test warga Cimahi yang masuk bagian klaster Lembang belum semuanya keluar.

"Kami belum bisa bilang akan bertambah berapa, karena hasil swab test-nya belum keluar. Tapi kemungkinan akan ada penambahan lagi," sebut Chanifah.

4. Pasien dirawat di RSUD Cibabat

Pasien Positif Corona Bertambah 11 Orang di Kota CimahiIDN Times/M Faiz Syafar

Chanifah menyampaikan, pasien yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut saat ini masih dalam kondisi bugar. Namun mengikuti arahan wali kota, mereka akan dirawat di ruang isolasi RSUD Cibabat agar pengawasannya terpusat.

"Kemarin diarahkan sama pak wali untuk dirawat di satu tempat saja. Kemungkinan akan dimasukkan ke RSUD Cibabat, dalam beberapa hari ini mereka harus sudah siap menerima pasien positif," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya