Pakai Pistol, Rumah di Pangandaran Dirampok, Korban Dibuang ke Subang

Polda Jabar ungkap kasus perampokan rumah di Pangandaran

Bandung, IDN Times - Sebanyak empat anggota komplotan perampok rumah berhasil diringkus polisi. Empat pelaku itu yakni IA, warga Jakarta; ME dan K warga Bogor; LA, warga Ciamis, dan satu pelaku berinisial DA masih dalam Pencarian Polisi (DPO).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Mohamad Hendra Suhartiyono mengatakan, total ada lima pelaku yang terlibat dalam perampokan itu. Kasus pencurian dengan kekerasan itu dilakukan di daerah Pangandaran, Jawa Barat.

"Dalam aksinya komplotan ini menggunakan senjata api jenis airsoft gun. Pelaku beraksi dengan merampok sebuah rumah di Pangandaran," ungkap Hendra di Mapolda Jabar, Rabu (26/2).

1. Pelaku todongkan senpi ke penghuni rumah

Pakai Pistol, Rumah di Pangandaran Dirampok, Korban Dibuang ke SubangIDN Times/Bagus F

Peristiwa perampokan itu terjadi pada Senin (10/2) sekitar pukul 04.00 dini hari. Para pelaku bermula masuk melalui pintu belakang rumah korban. Diam-diam, mereka menuju ke arah korban dengan menodongkan airsoft gun.

Setelah korban pasrah, para pelaku kemudian menggondol sejumlah barang berharga milik korban. "Setelah itu para pelaku mengambil barang yang berada didalam rumah korban berupa hp milik para korban, laptop, komputer, kendaraan rRoda empat merek Daihatsu Ayla, dan sejumlah uang," kata Hendra.

2. Korban dibawa dari rumahnya lalu dibuang di Subang

Pakai Pistol, Rumah di Pangandaran Dirampok, Korban Dibuang ke SubangIDN Times/Bagus F

Bukan hanya membawa sejumlah barang berharga milik korban, para pelaku juga menyekap korban yang berjumlah empat orang. Keempatnya dimasukkan ke dalam mobil dan dibawa ke daerah Subang, Jawa Barat. Korban kemudian dibuang di tepi jalan di daerah Kalijati, Subang.

"Seluruh korban selamat. Korban kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polda Jabar," ujarnya.

3. Hasil rampokan jadi barang bukti

Pakai Pistol, Rumah di Pangandaran Dirampok, Korban Dibuang ke SubangIDN Times/Bagus F

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya ialah satu pucuk senjata api jenis airsoft gun, dua buah mobil milik korban dan pelaku yakni kendaraan roda empat merk Daihatsu Ayla warna putih tanpa nomor polisi, dan satu unit kendaraan roda empat merk Toyota Avanza berwarna abu.

Barang yang dicuri lainnya yakni 1 unit monitor merek Samsung, sebuah keyboard merek fantech, sebuah mouse merek MS, sebuah CPU merk Tigpro, 1 unit handphone merk Samsung J2 Prime warna gold, 1 unit handphone merek Oppo F11 warna hijau gelap, 1 unit laptop merk Lenovo warna hitam, 1 unit laptop merk Toshiba warna hitam, dan 1 unit laptop merk HP warna silver.

4. Pelaku ditangkap di Jakarta

Pakai Pistol, Rumah di Pangandaran Dirampok, Korban Dibuang ke SubangIDN Times/Bagus F

Atas laporan korban, akhirnya pada Sabtu (15/2) sekitar pukul 17.00 WIB, polisi berhasil mengamankan seorang tersangka AI di sebuah apartemen di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Dari penangkapan itu, tiga tersangka lainnya berhasil diringkus. DA warga Ciledug, Tangerang, masih dalam pengejaran.

"Para tersangka diduga melakukan tindak pidana pencurian yang disertai dengan kekerasan dan ancaman kekerasan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 KUHPidana," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya