No Signal, e-Rekap 28 TPS di Kabupaten Bandung Terkendala

Di wilayah ini tidak terjangkau internet

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung masih kesulitan menerapkan sistem rekapitulasi berbasis digital, e-Rekap atau Sirekap untuk hasil rekapitulasi perolehan suara pada Pilkada 2020.

Kendala penerapan yang dihadapi KPU Bandung yakni masih adanya daerah blank spot internet atau daerah yang belum tersentuh sinyal internet. Hingga kini, KPU masih mencari solusi teknis untuk wilayah-wilayah blank spot di Kabupaten Bandung.

1. TPS blank spot berada di 7 kecamatan dataran tinggi

No Signal, e-Rekap 28 TPS di Kabupaten Bandung TerkendalaWebsite

Komisioner KPU Bandung, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Siti Solihah mengatakan, daerah yang belum tersentuh internet itu berada di wilayah dataran tinggi. Pihaknya mencatat ada 28 TPS berada di wilayah blank spot internet.

"28 TPS di 7 kecamatan memang susah sinyal atau blank spot internet. 7 kecamatan yang blank spot itu Kecamatan Arjasari, Cilengkrang, Kutawaringin, Pangalengan, Pasir Jambu, Rancabali, dan Soreang," ungkap Siti saat ditemui di KPU, Senin (7/12/2020).

2. KPU minta bantu Diskominfo

No Signal, e-Rekap 28 TPS di Kabupaten Bandung TerkendalaIlustrasi/fitnessgurls.com

Hingga saat ini, KPU Bandung masih menggodok cara rekapitulasi di 28 TPS susah sinyal itu. Untuk mencari jalan keluar masalah blank spot, KPU bakal berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bandung.

"Apakah nanti solusinya menguatkan sinyal atau bagaimana kita masih cari solusinya. Besok kita rapat dengan Diskominfo, semoga sudah dapat diketahui teknis solusinya," kata Siti.

3. Jika tetap susah sinyal, terpaksa gunakan rekap manual

No Signal, e-Rekap 28 TPS di Kabupaten Bandung TerkendalaIlustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Jika sinyal di 28 TPS tidak bisa dikuatkan, teknis rekapitulasi terpaksa harus menggunakan cara manual. Kendalanya, jika rekapitulasi dilakukan secara manual waktu penghitungan suara bakal lebih molor.

"Sebisa mungkin kita pakai Sirekap. Tapi kalau sinyal tetap sulit, mau tidak mau kita gunakan rekap manual," kata Siti.

4. Tak cuma sinual, server lelet pun jadi kendala

No Signal, e-Rekap 28 TPS di Kabupaten Bandung Terkendalatechdonut.co.uk

Bukan hanya soal sinyal, kendala lain dalam penerapan aplikasi Sirekap yakni persoalan server yang lelet. Dari jumlah total keseluruhan 6.784 TPS, hanya sekitar 66 persen TPS yang melakukan aktivasi Sirekap.

"Kendala server dari pusat, banyak yang sulit aktivasi Sirekap. Saat ini baru 66 persen yang melakukan aktivasi," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya