Menteri PUPR: Terowongan Nanjung Mampu Urai Banjir di Hulu Citarum

9 daerah di Jabar dihantam banjir

Bandung, IDN Times - Banjir yang menerjang wilayah Jawa Barat beberapa pekan lalu, menjadi sorotan serius pemerintah. Tercatat, sebanyak 9 Kabupaten Kota di Jawa Barat terendam banjir.

9 daerah di Jabar yang mengalami banjir yakni, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Depok.

Menyikapi bencana banjir yang melanda Jabar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengumpulkan 9 Kepala daerah yang wilayahnya terkena banjir.

"Kami tadi baru membicarakan banjir yang terjadi di bulan Januari ini. Ada 9 kepala daerah Kabupaten Kota di Jabar ini yang mengalami banjir," ungkapnya di Gedung Sate, Kamis (16/1).

1. Terowongan Nanjung diklaim mampu uraikan banjir

Menteri PUPR: Terowongan Nanjung Mampu Urai Banjir di Hulu CitarumIDN Times/Debbie Sutrisno

Basuki mengklaim, banjir di wilayah hulu Citarum berhasil dikendalikan. Hal itu disebabkan karena sudah beroperasinya Terowongan air Curug Jompong di Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Terowongan air itu dinilaj mampu mengurai banjir di sekitar Kabupaten Bandung.

"Soal banjir di Citarum, kita ingin sampaikan bahwa dengan hujan paling besar pada 17 Desember kemarin, nyaris tidak terdengar banjir yang berkepanjangan di Dayeuh Kolot. Karena adanya operasi terowongan Cijompong," ujar Basuki.

2. Codetan sungai Cisangkuy ditargetkan rampung april

Menteri PUPR: Terowongan Nanjung Mampu Urai Banjir di Hulu CitarumIDN Times/Debbie Sutrisno

Meski demikian, Basuki menyadari masih ada pekerjaan yang musti diselesaikan untuk mengatasi banjir di Kabupaten Bandung.

"Kita sedang menyelesaikan codetan sungai Cisangkuy, untuk mengalirkan 80 persen alirannya ke hilir Dayeuh Kolot lalu masuk ke Citarum," paparnya.

"Selesainya mudah-mudahan April ini selesai. Mudah-mudahan dayeuh kolot dan sekitarnya bisa ditarik airnya ke Cisangkuy sehingga bisa dikendalikan banjirnya," imbuhnya.

3. 2021 bakal fokus benahi wilayah hilir Citarum

Menteri PUPR: Terowongan Nanjung Mampu Urai Banjir di Hulu CitarumIstimewa

Basuki menegaskan, setelah rampung pengerjaan di wilayah hulu Citarum, Pemerintah bakal memfokuskan penanganan banjir di hilir Citarum. Sebab wilayah hilir yakni sekitar Karawang juga mengalami banjir.

"Dengan demikian, saya ingin di 2020 ini banjir di cekungan Bandung bisa dikendalikan dengan lebih baik. Karena saya harus menfokuskan di daerah hilir. Daerah Karawang, Gembong, Cilamaya yang tahun ini juga terkena banjir besar," jelasnya.

4. Aksi penanganan banjir bentuk ketanggapan pemerintah

Menteri PUPR: Terowongan Nanjung Mampu Urai Banjir di Hulu CitarumIDN Times/Bagus F

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan program penanganan banjir di tahun 2020 akan secepatnya dilakukan. Aksi penanganan dan pencegahan bencana ini menurutnya sebagai bentuk ketanggapan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat.

"Sesuai arahan Presiden dari Kementerian sangat kuat untuk mengebut aksi ini di 2020. Oleh karena itu aksi ini menjadi sebuah contoh ketanggapan Pemda dengan Pemerjntah pusat," kata Emil.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya